PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI IBU RUMAH TANGGA DALAM BERBISNIS ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19

Drs. Manovri Yeni, S. Si, M.Si, Ira Dama Yanti, S.T., M.T.

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap perekonomian yang berimplikasi pada ancaman krisis ekonomi yang cukup besar yang ditandai dengan berhentinya aktivitas produksi di berbagai negara, sehingga banyak terjadinya pengangguran akibat dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hal tersebut mengakibatkan jatuhnya tingkat konsumsi rumah tangga akibat kepala keluarga yang kehilangan pekerjaan. Dampaknya, banyak ibu rumah tangga merasa tergerak untuk turut serta memperbaiki perekonomian keluarga dengan cara tidak meninggalkan rumah di masa pandemik ini. Teknologi yang terus berkembang pada saat ini mulai dilirik oleh ibu rumah tangga. Masalah tersebut sangat menarik untuk diteliti. Penelitian bertujuan untuk mengetahui manfaat media sosial bagi ibu rumah tangga dalam berbisnis online dimasa pandemi Covid-19 ini. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap ibu rumah tangga yang berbisnis online, ditambah bahan dari studi pustaka yaitu referensi, jurnal, artikel, atau media online. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ibu rumah tangga dalam memasarkan produknya lebih banyak menggunakan aplikasi online yaitu instagram dan whatsapp messenger.


Keywords


Media Sosial; Ibu Rumah Tangga; Bisnis Online; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Firdaus Thaha (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand. Vol.2, No.1. Juni 2020. p:147-153.

Aditya Wahana (2018). Penerapan Media Sosial Berbasis Foto Instagram sebagai Media Pemasaran digital Berbasis Daring.

Jurnal Transformasi. Vol. 14, No. 2, Desember 2018. p. 150-166.

Andy Prasetyo Wati, dkk (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan WhatsApp Business Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.4, No.2. September 2020: p.137-147.

Kemp, S. (2018). Hootsuite Annual Repost. Retrieved September 21, 2018, from hootsuite.com: https://hootsuite.com/resources/digital-in-2018-apac.

Lasmadiarta, M., (2011). Extreme Facebook Marketing for Giant Profit. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Lexy J., Moleong (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuraeni, S.D., & Suryawardani, B. (2017). Analisa Efektifitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada PT. Niion Indonesia Utama tahun 2017. e-Proceeding of Applied Science (p.280). Bandung: Telkom University.

Siti Nuzul Laila Nalini (2021). Dampak covid-19 terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. Vol. 4 No. 1. Januari 2021.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, J. W. (2011). 18 Jurus Ampuh Menyiasati Persaingan Bisnis. Yogyakarta: Andi Publisher.

Zainal Abidin Achmad, dkk (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 10, No. 1. April 2020.




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v1i1.1096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.