ANALISA TINGKAT KEHANDALAN UNIQUE SELLING PROPORTION, eWOM DAN FACEBOOK Ads TERHADAP PEMBELIAN KOPI KEKINIAN MENGGUNAKAN METODE KRUSKAL WALLIS

Devi Kumala, S.Si, M.T., Tuwisna S.E., M.M

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi unique selling proposition, e-WOM dan facebook ads terhadap keputusan pembelian minuman kopi kekinian Harvies Coffee Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, sampel sebanyak 96 responden. Hasil Uji t an uji F menunjukkan secara partial variabel unique selling proposition dan e-WOM berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, variabel Facebook ads tidak berpengaruh signifikan terhadap keputuan pembelian, namun berpengaruh positif. Secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,764, Nilai koefisien determinasi (Adjust R Square) sebesar 0,570. Unique selling proposition, e-wom dan Facebook ads berpengaruh terhadap keputusan pembelian, namun e-WOM memiliki pengaruh yang lebih besar, sehingga jika e-WOM ditingkatkan secara positif maka akan berdampak positif pada Keputusan pembelian minuman kopi kekinian Harvies Coffee Banda Aceh

Keywords


Unique Selling Proposition; e-WOM; Facebook Ads; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Bagas Julianto, R. (2017). The Influence of Facebook Advertising on Purchase Intention. Skripsi, (1), 43. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Baransano, I. B. (2015). Pengaruh Media Advertising Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Telur Organik Srikandi (Studi Kasus Periklanan Melalui Facebook Pada Cv. Laras Inti Agrisatwa Jember). 114.

Djimantoro, J., & Gunawan, V. C. (2020). Pengaruh E-Wom, Kualitas Makanan Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Kakkk Ayam Geprek. Universitas Kristen Petra, X(X), 187196.

Duffett, R. G. (2015). Facebook advertisings influence on intention-to-purchase and purchase amongst Millennials. Internet Research.

Hastina, P. (2017). Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth (E-Wom) Di Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Caf. Http://Digilib.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/25225

Ivan Sindunata, B. A. W. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Agoda.Com. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 128138.

Kotler, P. Keller, KL. (2012). Marketing Management. Pearson Education UK: Global Edition.

Mahgpiroh, A. (2017). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/40751

Meilinda, A. (2018). Analisis Unique Selling Proposition Pada Kegiatan Promosi Rumah Makan. Ejournal Llmu Komunikasi, 6(2), 2842.

Nganga, D. (2017). The Significance of Unique Selling Proposition on Consumer Purchasing Decisions in Hotels. Theseus.Fi, March. Https://Www.Theseus.Fi/Bitstream/Handle/10024/132800/Nganga_Diana.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y

Niu, Y., & Wang, C. L. (2016). Revised Unique Selling Proposition: Scale Development, Validation, And Application. Journal of Promotion Management, 22(6), 874896. Https://Doi.Org/10.1080/10496491.2016.1214209

Pebrianti, W., Arweni, A., & Awal, M. (2020). Digital Marketing, E-Wom, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(1), 4856. Https://Doi.Org/10.35724/Jies.V11i1.2848

Puspita, D. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata Kota Bengkulu Studi Unique Selling Proposition. Program Visit 2020 Wonderful Bengkulu Dyaloka. 20192021.

?ahin, ?. (2019). Social Media Marketing And E-Wom: Young Consumers Online Brand -Related Activities, Attitudes and Engagement Sosyal Medya Pazarlamas? Ve Ele Ktronik A??zdan A?za Ileti?im: Gen Tketicilerin Markaya Ynelik evrimii Aktiviteleri, Tutumlar? Ve Etkile?imleri. 10(1).

Sekaran, U., & Bougie. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. In Metode Penelitian Untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian (6th Ed. Buku 1). Salemba Empat.

Sekaran, U., & Bougie. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. In Metode Penelitian Untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian (6th Ed. Buku 2). Salemba Empat.

Suryadin. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Target Pemasangan Iklan di Facebook Ads Menggunakan Metode Saw. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.

Tarman Hidayat, A. (2019). Membangun Brand Equity Dengan Brand Communication Dan City Branding Kota Tasikmalaya Sebagai Kota Kerajinan Berdasarkan Unique Selling Proposition (Kasus Pada Masyarakat Kota Tasikmalaya). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.

Tjiptono, & Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Websindo. (2019). Indonesia Digital 2019: Media Sosial - Websindo. Https://Websindo.Com/Indonesia-Digital-2019-Media-Sosial/ Accessed: 2019

Wikipedia.org, (2021). Milenial - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

https://id.wikipedia.org/wiki/Milenial. Accessed: 2021-01-23

Wiridjati, W., & Roesman, R. R. (2018). Fenomena Penggunaan media sosial dan pengaruh teman sebaya pada generasi milenial terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 11(2), 275-290.

Zahrul Atik, A., & Syaichu, A. (2017). Pengaruh Promosi Menggunakan Facebook Ads Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Cokelat Japo. Ilmu Ilmu Teknik - Sistem, 14(3), 111.




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v1i1.1095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.