PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT MUSTAQIM SUKAMAKMUR BANDA ACEH

Dr. Erlinda Dr. Erlinda, S.E., M. Si, Mimiasri Mimiasri, S.E., M.M

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Mustaqim Sukamakmur Banda Aceh.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Mustaqim Sukamakmur Banda Aceh, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data sekunder dan data primer. Data sekunder dalam penelitian ini berupa pengumpulan data nasabah yang terdaftar di PT. Bank Perkreditan Rakyat Mustaqim Sukamakmur Banda Aceh. Sedangkan data primer yang digunakan berupa penyebaran kuisioner sebanyak 96 nasabah sebagai responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling berbentuk purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 21 for window. Hasil penelitian menunjukkan promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung nasabah pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Mustaqim Sukamakmur Banda Aceh.


Keywords


Promosi; Kualitas Pelayanan dan Keputusan Menabung Nasabah

Full Text:

PDF

References


Mitahul Jannah, Ana (2019) Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah PT.BRI Syariah KC. Semarang.

Ari Setyaningrum, J. U. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi. Brandt, L. E. (2015).

Assauri, Sofjan (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bungin, B. (2017) Penelitian Kualitatif, Komunikasi, ekonomi kebijakan Publik dan ilmu sosial lainnya. Kencana.

Chasanah, Uswatun tahun (2020) Pengaruh Syariah Compliance, Brand Image dan Religiusitas terhadap Keputusan Menabung Nasabah dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada BRI Syariah KCP Ungaran).

Dwi Putri, Asti (2016) Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung pada Produk Tabungan BSM PT. BSM Kantor Cabang Simpang Patal Palembang.

Ghozali, Imam 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hurriyati, Ratih. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung: Alfabeta.

Ilmandasari (2015) Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung pada BRI Syariah Cabang Cirebon.

J. Setiadi, Nugroho (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kasmir (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip & Kevin, Lane Keller, (2015). Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga Belas Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing Edisi16 Global Edition. England:Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Edisi 15 Global Edition. England:Pearson Education Limited.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 15. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat (2016) Manjemen Pemasaran Jasa, Selemba Empat, Jakarta.

Muhammad Fajar Fahruddin dan Ema Yulianti tahun (2015) Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya.

Schiffman & Kanuk (2016). Consumer Behavior. 11th Edition. Global Edition.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku, Cetakan Kedua, Slemeba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Sugiyono, (2017) Metode Penelitian Manajemen (Bandung: Alfabeta).

Sugiyono, (2017) Statistika untuk Penelitian (Alfabeta: Bandung).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, (2015), Praktik Riset Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.

Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank Di Era Global.

Tjiptono Fandi (2016), Pemasaran Jasa, Bayu Media Publishing, Sleman.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Jakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2015. Brand Management & Strategy. In Yogyakarta : Andi.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 10 tahun 1998 tentang perubahan atas undang-undang nomor 7 tahun 1992 tentang perbankan diakses melalui http://bpkp.go.id pada tanggal 12 Oktober 2020 pukul 14.43 WIB.




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v1i1.1093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.