PENGARUH IKLAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT DI SITUS ONLINE TRAVELOKA

Nara - Pristiwa, S.E., M.B.A, Muhajir Muhajir

Abstract


Saat ini teknologi semakin berkembang, kemunculan tren digital membawa perubahan dan peningkatan terhadap pengguna internet, penjualan tiket secara online merupakan salah satu dari bisnis e-commerce yang dapat membantu penjual dan pembeli melakukan transaksi tanpa harus bertemu. Penelitian denga judul pengaruh iklan dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online Traveloka memiliki rumusan masalah bagaimana pengaruh iklan dan harga terhadapat keputusan pembelian tiket pesawat di situs online traveloka. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis asosiatif yaitu merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada dan tidak nya pengaruh atau hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat, adapun sumber data yang data yang digunakan adalah data-data yang langsung di peroleh dari responden dengan cara pemberian kuisioner dan data akan dianalisa dengan metode analisis linier berganda dengan program SPSS.Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa variable iklan dan variable harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online traveloka dikarenakan semakin tinggi iklan maka akan membawa pengaruh terhadap keputusan pembelian dan harga merupakan salah satu factor penentu dalam keputusan pembelian pada tiket pesawat di situs online Traveloka


Keywords


ecommerce;traveloka;iklan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Subagyo 2010, Marketing In Business.edisi pertama, cetakan pertama.Jakarta: Mitra Wacana Media

Ajeng, Peni Hapsari. 2008. Analsiis Perbandingan Penggunaan CelebrityEndorser dan Typical-Person Endorser dan Hubungannya DenganBrand Image Produk. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.1X,No.1

Allo LIliweri, Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan, Citra Aditya Bakto, Bandung 1992

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta.

Basu,Swastha Dharmmesta, T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran Analisa perilaku konsumen . Edisi pertama cetakan ketiga. BPFEYogyakarta

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Fandy,Tjiptono, 2009. Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi:Yogyakarta

Firdaus, Muhammad. 2008 , Manajemen Agribisnis.cetakan Pertama. Jakarta : Buni Aksara.

Gitosudarmo, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE Yogyakarta

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS(Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS . Semarang : UNDIP.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.

Junaedi, Fajar. 2013. Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Jony Wong. 2010. Internet Marketing for Beginners. PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller, 20016. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,Jakarta.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas BahasaIndonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga

Kotler dan Amstrong. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2.Edisi 12.Jakarta: Erlanga

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi(Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat. Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu.

Manalu, Rosmery Tiara Marini.2016.Pengaruh Harga dan Iklan TerhadapKeputusan Pembelian Perlengkapan Baby Shop PT. Putera Raja Sejahtera MedanSkripsi Universitas Medan Area Diakses pada tanggal 10 desember 2018 dari http://repository.uma.ac.id

Puji, kurniawati.2010 Pengaruh Harga dan Iklan terhadap KeputusanPembelian Sepeda MotorHonda (Studi Kasus pada Konsumen di Kelurahan Tegalsari Semarang)Thesis, Universitas Diponegoro Diakses pada tanggal 10 Desember 2018 dari http://eprints.undip.ac.id

Rizal dan A. Furinto. 2009. Marketing Reloaded: Kompilasi Konsep danPra ktik Pemasara n. Jakarta: Salemba Empat Ratna, Dwijayati dan Mochammad Zalaluddin Zuhri.2017. Analisis Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman The Pucuk Harum Pada konsumen De Nala Foodcourt Jurnal STIE PGRI Dewantara jombang

Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media

Setiadi, nugroho J. 2010 Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edesi revisi. Jakarta: Kencana

Soewito, Yudhi (2013), Kualitas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1649, diakses tanggal 10 Desember 2018

Swastha, Basu dan Sukotjo, Ibnu.2007. Pengantar Bisnis Modern edisi 3.Liberty Yogyakarta.Yogyakarta.375 hal

Sumarno,Erick Devry, ( 2010 ) Pengaruh Iklam Dan Citra Merek HondaTerhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy.Thesis FE UNAND (tidak dipublikasikan)

Sugiyono, (2008).Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta. Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung

Sugiyono.(2012). Memahami Penelitian Kuantitatif .Bandung :Alfabeta

Suliyono, Joko. (2016). 6 Hari Jago SPSS. Yogyakarta: Cakrawala. Widiyanto, Joko. 2010. SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS Sumber lain :

Leighton, Cosseboom, id.techinasia.com mengapa traveloka bisa menjadi startup unicorn pertama di Indonesia artikel diakses tanggal 15 november 2018,

Www.Daftarsitusonline.Web.Id Diakses Pukul 19: 33 Tanggal 15 Januari 2019

Http://Hukum.Kompasiana.Com/26 Juli 2010 Diakses Pukul 22:28 Tanggal 15 Januari 2019




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v1i1.1091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.