FOOD SECURITY UNDERSTANDING COLLABORATION AT MEURAH MULIA POLICE STATION, NORTH ACEH DISTRICT

Anis Nugrahawati, Nopri Yanto, Cut Rozana Sari, Asih Makarti Muktitama, Eva Ayuzar, Rinaldi Rinaldi

Abstract


Ketersediaan pangan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Masalah ketahanan, kedaulatan, dan kemandirian pangan terkait aspek kedaulatan pangan, Indonesia sejatinya telah memiliki kedaulatan pangan yang kuat. Hanya saja, masih lemah pada aspek kemandirian pangan dan ketahanan pangan. Kemandirian pangan dalam rumah tangga dapat terwujud apabila dimanfaatkannya lahan pekarangan rumah. Melalui pendampingan pemahaman ketahanan pangan di wilayah  Polsek  Meurah mulia, diharapkan  dapat bermanfaat sebagai pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, pengalaman diperoleh masyarakat baik dalam aspek ilmu dan bahan pangan yang bernilai gizi dan ekonomi tinggi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produktifitas dan pemanfaatan lahan pekarang Polsek meurah Muliah dengan salah satu tanaman pangan yaitu tanaman brokoli. Kegiatan pengabdian dilakukan di lingkungan Polsek Meurah Muliah pada bulan Januari 2023. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara langsung di lingkungan Polsek Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara. kolaborasi pemahaman ketahanan pangan telah terlaksana dengan baik, lancar dan terstruktur. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari dua tahapan kegiatan yaitu pemaparan materi dan praktek langsung di lahan pekarangan. Peserta  sangat  antusias  dan  berperan  aktif  ketika  mengikuti  seluruh  rangkaian kegiatan pengabdian

Full Text:

PDF

References


Basuki, N., & Sangadji, S. S. (2020). Pengelolaan Kelapa Terpadu Zero Waste Di Desa Lembah Asri Kecamatan Weda Selatan. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 231-239.

Handoyo, Eko dan Tijan, (2010). Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi: Pengalaman Universitas Negri Semarang, Semarang: Universitas Negri Semarang dan Widya Karya.

Iswandi, R. M., Alwi, L. O., Nikoyan, A., & Fyka, S. A. (2020). Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Pertanian dan Perikanan Dalam Menunjang Ketahanan Pangan Rumah Tangga Masyarakat di Kelurahan Bungkutoko Kecamatan Nambo Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, 2(1), 1–6.

Purwasih, R. (2019). Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Budi Daya Sayuran Secara Hidroponik di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3),195-201.

Sari, S. D., & Irawati, A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat melalui P2L (Program Pekarangan Pangan Lestari ) sebagai Pemenuhan Hak Konstitusional Ketahanan Pangan. Jurnal Madiun, 2(2), 74–83.

Sukanata, I. K., Budirokhman, D., & Nurmaulana, A. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dalam Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (Studi Kasus di KWT Dewi Srikandi Desa Cipanas Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon). Jurnal Agrijati, 28(1), 1–16.

Qitbiyah, M., Kholik, H., Anam, C. 2021. Kajian Macam Jarak Tanam dan Dosis Pupuk Kandang Kambing Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutencens L.). Agroradix , No 1, Vol 5, 19-26




DOI: https://doi.org/10.37598/abdimu.v3i1.1972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.