BASIC DECOUPAGE ART FOR INCREASING PRODUCT SELLING VALUE and the CREATIVITY of RATTAN CRAFTMAN in LHOKNGA, ACEH BESAR

Winda Putri Diah Restya, Nur Hasmalawati

Abstract


Kebijakan pemerintah daerah berupa penutupan kawasan objek wisata sebagai antisipasi penyebaran  virus Covid  -19 telah  berimbas  pada penurunan  omset para  pengrajin  rotan  di kawasan Lhoknga – Aceh Besar. Atas landasan masalah di atas, maka ada dua tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan  pengabdian  masyarakat ini, pertama, kegiatan  ini bertujuan  untuk membekali para pengrajin rotan dengan keterampilan hard skill berupa penguasaan tehnik kerajinan decoupage dan softskill berupa asah kreativitas pada media seni decoupage. Kedua, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dan nilai jual produk sebagai upaya peningkatan omset. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 24 orang ibu – ibu pengrajin rotan dari empat desa yakni desa Kueh, Lamgaboh, Aneuk Paya dan Lamcok. Adapun bentuk kegiatan pengabdian ini dibagi menjadi tiga tahapan yakni sesi pelatihan tehnik decoupage, sesi praktek keterampilan dan asah kreativitas, sesi pemasaran produk dan evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta telah menguasai tenik Basic Decoupage Art, mampu menerapkan keahlian tersebut pada produk kerajinan baru seperti teleman dan clutch, serta meningkatkan nilai jual produknya.

Full Text:

PDF

References


Ajisukmo, CRP, Institiani, NSD, Pramono, H. 2019. Pelatihan Kerajinan Decoupage sebagai Cara untuk Menumbuhkan Budaya Literasi Kaum Perempuan. Jurnal Abdimas Deawantara. Vol 2. No. 2. Oktober 2019 hal. 158 - 170.

Lestari, I. 2020. 5 Daerah Penghasil Rotan Terbesar di Indonesia. Di akses dari: https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hutan/daerah-penghasil-rotan-di- indonesia pada tanggal 10 Juni 2021.

Mangkunegara, AAP. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurmaya, Diana N.E, Kurniangsih, I & Rosini.. 2019. Pelatihan Peningkatan Nilai Produk Kerajinan Tangan Decoupage dan Pemasaran Produk untuk Ibu Rumah Tangga. Matappa: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 2 No.1 Maret 2019.

Nurlaela & Yulastri, L. 2017. Pemberdayaan Ibu–Ibu PKK Kelurahan Rawamangun dalam Pelatihan Pembuatan Decoupage dari Tissue Berbasis Industri Kreatif. Jurnal Sarwahita. Vol 14 No. 2 tahun 2017.

Oxford Dictionaries. Definition of Decoupage in English by Oxford Dictionaries. Diakses tanggal 14 September 2021.

Pusat Bahasa Indonesia. 2004. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Pusat Bahasa: Departemen Pendidikan Nasional.

Rivai, V. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Grafindo. Setiawan, I. 2012. Agribisnis Kreatif. Depok: Penebar Swadaya Group




DOI: https://doi.org/10.37598/abdimu.v3i1.1971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.