Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas dan Jaminan Kesehatan Aceh terhadap Pelayanan Rumah Sakit Ibu Dan Anak Pemerintah Aceh
Abstract
Latar Belakang: Isu mengenai buruknya pelayanan di rumah sakit masih sering terdengar, terlebih lagi sikap petugas yang terkesan membeda-bedakan pasien, apalagi pasien yang menggunakan program berobat gratis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien peserta JAMKESMAS dengan pasien peserta Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) di ruang rawat inap Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) tahun 2010. Metode: Penelitian lapangan telah dilakukan pada 20 Mei - 10 Juni 2011. Penelitian bersifat analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian terdiri dari 899 pasien rawat inap peserta JAMKESMAS dengan sampel 40 orang dan populasi 1618 peserta JKA dengan sampel 40 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan metode wawancara. Hasil: Dari hasil penelitian diperoleh nilai mean/rata-rata kepuasan pasien JKA lebih tinggi daripada pasien JAMKESMAS terhadap dimensi kualitas mutu tanggapan (15,23 berbanding 15,5), jaminan (18,15 berbanding 15,68), bukti langsung (17,95 berbanding 15,75), sedangkan untuk dimensi kualitas mutu kehandalan antara pasien JAMKESMAS dan pasien JKA memiliki nilai rata-rata yang hampir sama (15,28 berbanding 15,68) dan empati (11,73 berbanding 11,15). Saran: Diharapkan kepada petugas RSIA agar menindaklanjuti aspek-aspek yang dianggap belum memuaskan terutama terhadap aspek tanggapan, jaminan, dan bukti langsung.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37598/jukema.v2i1.548
Refbacks
- There are currently no refbacks.