PENGARUH DIMENSI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MOBILE MARKET PLACE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Kajian Pada Masyarakat Pengguna Shopee di Kota Sabang)

Seri Murni, Adelina Ryanti

Abstract


Marketplace merupakan portal bisnis dalam e-commerce yang menawarkan berbagai macam jenis produk kebutuhan sehari-hari. Perubahan perilaku belanja masyarakat dari offline menjadi online menjadi trend online shopping yang sangat disenangi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi electronic word of mouth (e-wom) terhadap keputusan pembelian pada mobile marketplace Shopee dalam perspektif ekonomi Islam kajian pada masyarakat pengguna Shopee di kota Sabang. Metode pendekatan kuantitatif dengan teknik Non Probability sampling yaitu quota sampling dan teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner yang disebarkan melalui GoogleForm kepada para responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dimensi Intensitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (2) Dimensi Valensi Opini tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (3) Dimensi Konten berpengaruh terhadap keputusan pembelian (4) Secara simultan ketiganya berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mobile marketplace Shopee dalam perspektif ekonomi Islam kajian pada masyarakat pengguna Shopee di kota Sabang.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v1i1.2105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :