IDENTIFIKASI PENYEBAB TIMBULNYA PENGAJUAN KLAIM KONSTRUKSI DARI PENYEDIA JASA KE PENGGUNA JASA DI BANDA ACEH

Keumala Hayati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menilai pengaruh faktor-faktor penyebab timbulnya klaim konstruksi dari penyedia jasa ke pengguna jasa. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada perusahaan penyedia jasa dengan kualifikasi perusahaan gred 3, gred 4, gred 5, grade 6 dan gred 7 di Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 penyedia jasa yang berdomisili di Banda Aceh. Dalam penelitian ini, data-data yang diperoleh berupa data hasil dari pengisian kuisioner. Selanjutnya data hasil kuisioner diolah dengan teknik statistik yaitu mean, reliabilitas, korelasi, regresi linear berganda, determinasi dan uji f. Dari hasil penyebaran kuisioner diperoleh mean tertinggi terdapat pada variabel perubahan jadwal sebesar 3,29, dan mean terendah sebesar 2,79 terdapat pada variabel kondisi lapangan. Analisis reliabilitas menunjukkan semua nilai variabel memenuhi persyaratan cronbach alpha yaitu lebih besar dari 0,6. Nilai yang diperoleh dari analisis korelasi yaitu sebesar 0,798, nilai ini menunjukkan hubungan tinggi atau kuat. Analisis regresi linear berganda diperoleh model Y= 4,620 + 0,182X1 + 0,165X2 + 0,220X3 + 0,186X4 - 0,111X5 + 0,253X6. Faktor yang paling berpengaruh dari penyebab klaim adalah pada X6 yaitu konflik dalam rancangan dan spesifikasi. Koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,636 atau 63,6% dan untuk uji f diperoleh nilai F statistik sebesar 9,612 lebih besar dari nilai F tabel sebesar 2,39.

 

Kata kunci : klaim, penyedia jasa, pengguna jasa, konstruksi  

Refbacks

  • There are currently no refbacks.