ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENINGKATNYA PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP PERUMAHAN VILLA CITRA DAN BUMI PERMATA - ACEH

Hafnidar Abdul Rani

Abstract


ABSTRAK

Rumah pada hakikatnya merupakan kebutuhan dasar (basic needs) manusia selain sandang, pangan, pendidikan dan kesehatan. Kebutuhan fisik berupa rumah atau tempat tinggal merupakan salah satu motivasi untuk pengembangan kehidupan yang lebih tinggi lagi, maka dengan kata lain bahwa tempat tinggal pada dasarnya merupakan wadah bagi manusia atau keluarga dalam melangsungkan kehidupannya. Peran tempat tinggal bagi kelangsungan hidup yang dinamis sangat mutlak karena tempat tinggal bukan sekedar tempat bernaung, namun merupakan tempat untuk melindungi diri dari kondisi alam. Faktor-faktor yang dianalisa pada penelitian ini adalah faktor lokasi, pertumbuhan penduduk, pendapatan konsumen, kemudahan mendapatkan pinjaman, fasilitas dan sarana umum, harga pasar rumah dan undang-undang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang mempengaruhi meningkatnya permintaan konsumen terhadap perumahan Villa Citra dan Bumi Permata. Dalam penelitian ini, metode pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Data tersebut dianalisis dengan analisis reliabilitas, korelasi dan regresi linier berganda dengan software SPSS. Hasil analisis reliabilitas diperoleh aspek meningkatnya permintaan konsumen terhadap perumahan (X) sebesar 0,819 dan keputusan pembelian rumah (Y) sebesar 0,916, menunjukkan sangat reliable. Dari hasil analisis korelasi didapat bahwa aspek pendapatan konsumen (X3), aspek harga pasar rumah (X6), dan aspek undang-undang (X7) bernilai signifikan dan berkorelasi positif. Korelasi terkuat yaitu hubungan antara aspek pendapatan konsumen dan keputusan pembelian rumah, yaitu r =0,782; < p 0,01. Hasil analisis regresi linier berganda didapat faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya permintaan konsumen terhadap perumahan adalah faktor/aspek pendapatan konsumen (X3) fasilitas dan sarana umum (X5), dan aspek harga pasar rumah (X6), dengan besarnya pengaruh adalah 71,6%, sedangkan sisanya 28,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Dengan demikian konsumen dapat menentukan pembelian rumah karena pendapatannya yang mencukupi,  tersedianya fasilitas dan sarana umum, serta harga rumah yang terjangkau.

 

Kata Kunci : Perumahan, pendapatan konsumen, fasilitas dan sarana umum, harga pasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.