ANALISA PRODUKTIVITAS ASPHALT MIXING PLANT (AMP) DAN DUMP TRUCK SEBAGAI ALAT ANGKUT PADA PEMBANGUNAN JALAN LAMBARO – KM. 77 (SECTION I/BANG-02A KABUPATEN ACEH BESAR)

Zainuddin -

Abstract


Persoalan yang sering dihadapi kontraktor ketika hendak melaksanakan suatu proyek adalah perencanaan biaya peralatan yang tidak sesuai dengan realisasi di lapangan. Kontraktor harus mempertimbangkan biaya yang dipergunakan untuk peralatan per jam kerja yang dapat mempengaruhi biaya sewa peralatan tersebut. Penelitian pada proyek Pembangunan Jalan Lambaro – KM. 77 Kabupaten Aceh Besar ini berupa studi kasus terhadap nilai produktivitas AMP dan Dump Truck sebagai alat angkut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan produktivitas kerja efektif AMP dan dump truck dari hasil pengamatan pekerjaan hotmix pada proyek tersebut. Pengolahan dan analisa data dilakukan dengan menggunakan metode distribusi frekuensi, korelasi, dan regresi. Hasil perhitungan waktu kerja rata-rata AMP didapat X = 3,13 jam dan hasil perhitungan waktu kerja rata-rata dump truck didapat x = 3 jam. Perhitungan waktu siklus rata-rata AMP didapat x = 45 menit, waktu siklus rata-rata dump truck didapat x = 190 menit. Perhitungan produktivitas kerja untuk AMP didapat  50 ton/jam dan hasil perhitungan pada volume rata-rata pada dump truck didapat 25,50 ton. Hubungan antara waktu siklus dan produktivitas pada AMP didapat R2 = 0,9977 dan pada dump truck diperoleh R2 = 0,9998. Berdasarkan waktu siklus rata-rata dump truck pada pekerjaan AC-BC maka banyaknya dump truck yang dilayani oleh satu AMP sebanyak 5 dump truck dengan lamanya penyelesaian pekerjaan 4 hari dengan biaya sewa peralatan Rp.123.578,560,- dan sedang pada pekerjaan AC-WC maka banyaknya dump truck yang dilayani oleh satu AMP sebanyak 5 dump truck dengan lamanya penyelesaian 4 hari dengan biaya sewa peralatan Rp.154.473.200,-. Maka total sewa peralatan dalam pekerjaan hotmix pada paket Pembangunan Jalan Lambaro – Km.77 Aceh Besar adalah sebesar Rp.278.051.760,-

 

Kata kunci ; pproduktivitas amp, peralatan, dump truck


References


Anonim, 1984., Teknik Dasar Pemakaian Alat-Alat Berat, PT. United Tractors, Jakarta.

Anonim, 1997., Pedoman Pelaksanaan Pekerjaan dengan Menggunakan Peralatan, Direktorat Jenderal Pengairan, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Anonim, 2005, Manual Pekerjaan Campuran Beraspal Panas, Direktorat Jenderal Prasarana Wilayah, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Jakarta.

Hines, W.W.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.