RESPON SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MATERI SPERMATOPHYTA DI SMAN 1 PEUKAN BADA

Nurlia Zahara, Eria wati, Fitria Lizayani, Nurdin Amin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran scrapbook. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMAN 1 Peukan Bada dengan sampel berjumlah 10 orang siswa yang telah mempelajari materi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa purposive sampling. Teknik pengumpulan data meggunakan angket dengan instrumen berupa lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran scrapbook diperoleh 74,8% dengan kategori positif. Berdasarkan hasil perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook memperoleh respon yang baik dari peserta didik dan dapat bermanfaat bagi peserta didik SMAN 1 Peukan Bada dalam mencapai tujuan pembelajaran pada submateri spermatophyta.

Keywords


Media Pembelajaran, Scrapbook, Respon siswa.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, P. (2016). Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 12-26

Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gustina, dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 18 Makassar Studi pada Materi Pokok Asam, Basa dan Garam. Jurnal Chemica, 17(2), 56-65

Harjanto. (2011). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayati & Muhammad. (2013). Respon siswa Terhadap Pembelajaran Permainan Bola Voli yang di lakukan dengan Pendekatan Modifikasi. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1), 89-95

Kamelta, E. (2013). Pemanfaatan Internet oleh Mahasiswa Negeri Padang. Jurnal CIVED, 1(2), 121-128

Maidiyah, E & C. Z. Fonda. (2013). Penerapan Model Pembelajaran ARCS Pada Materi Statistika di Kelas XI SMA Negeri 2 RSBI Banda Aceh. Jurnal Peluang, 1(2), 12-21.

Mawaddah, S., & Authary, N. (2020). Respon Siswa Terhadap Penerapan Model Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) pada Materi Aritmatika Sosial. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(1), 106-113

Nugraha, ddk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education, 2(1),45-52

Rustaman. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Veronica, I; dkk. (2018). Pengembangan Media Scrapbook pada Pembelajaran IPA. Jurnal JIPP, 2(3), 23-35

Wahyuningsih. (2011). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem saraf Untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 17-25




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i1,%20April.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.