CRIMINALIZATION IN THE HOUSEHOLD

Fadhlullah Fadhlullah, Yenni Erwita

Abstract


Kriminalisasi sering terjadi dalam rumah tangga. Selama ini hampir setiap hari media massa (cetak dan elektronik) mengungkap kasus pembunuhan atau penganiayaan berat yang terjadi di dalam keluarga. Hal ini dilakukan oleh suami sebagai kepala keluarga, istri sebagai pengurus rumah tangga dan anak. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan tujuan utama dari sebuah pernikahan. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka yang bertujuan untuk mengumpulkan teori-teori, konsep-konsep sebagai materi tambahan untuk menemukan jawaban dari penelitian ini. Untuk memperkuat data, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif seperti buku-buku dan kajian lainnya sebagai objek utama. Terdapat beberapa hasil dari penelitian ini, yaitu (1) tujuan dari pernikahan adalah membentuk keluarga sakinah, mawaddah, warahmah; (2) ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kriminalitas dalam rumah tangga; dan (3) Islam telah mengajarkan cara mencegah terjadinya kriminalisasi dalam rumah tangga.


Keywords


Kriminalisasi, Perdamaian, Suami, Istri, Anak

Full Text:

PDF

References


Bardaglio, P. W. (1998). Reconstructing the Household: Families, Sex, and the Law in the Nineteenth-Century South. Univ of North Carolina Press.

De Paula G. C. F., Ferri, C. P., de Castro B, F. M., de Toledo Vieira, M., Loureno, L. M., & Noto, A. R. (2017). Psychosocial factors associated with motherchild violence: a household survey. Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology, 52(1), 77-86.

Fonoberova, M., Fonoberov, V. A., Mezic, I., Mezic, J., & Brantingham, P. J. (2012). Nonlinear dynamics of crime and violence in urban settings. Journal of Artificial Societies and Social Simulation, 15(1), 2-11

Howard, B. S. (1966). Outsiders, Studies in the Sociology of Deviance. New York: The Free Press.

https://rumaysho.com/9483-kdrt-suami-memukul-wajah-istri.html

Lilly, R. J. dkk. (2015). Teori Kriminologi, Konteks & Konsekuensi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mazhariri, H. (2004). Membangun Surga dalam Rumah Tangga. Bogor: Cahaya

Said, M. (2000). Tafsir Al-Quran At-Tibyan. Bandung: PT Almaarif

Santoso, T & Zulfa, E. A. (2013). Kriminologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soekanto, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,

Syarifuddin, A. (2007). Hukum Perkawinan Islam di Indonesia Antara Fiqh Munakahat dan Undang-undang Perkawinan. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i1,%20April.942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.