REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ANAK BERBASIS KARAKTER DI ERA DIGITAL

Saiful Saiful

Abstract


Perkembangan teknologi di era digital semakin cepat dan berdampak pada berbagai aspek kehidupan, tak ketinggalan aspek pendidikan, di mana proses pembelajaran menggunakan media online (internet) sehingga sangat membantu proses pembelajaran. Sebaliknya, kehadiran teknologi di era digital menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua dalam mendidik dan mengontrol anaknya agar tidak mengakses konten-konten yang tidak baik. Demikian juga, guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengontrol peserta didik agar terhindar dari dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pendidikan karakter di era digital dan rekonstruksi pendidikan anak berbasis karakter di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) untuk mendapatkan teori, dan konsep berkaitan dengan pendidikan karakter di era digital dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Rekonstruksi pendidikan karakter di era digital meliputi (a) Pembenahan kurikulum pendidikan berbasis karakter; (b) Sasaran pendidikan karakter meliputi pengetahuan tentang moral, perasaan tentang moral, dan tindakan tentang moral; (c) Metode pendidikan, di mana guru memiliki suri teladan yang baik dan mampu menggunakan media digital dengan baik; dan (d) Internalisasi nilai karakter dalam budaya sekolah melalui pembiasaan berbuat baik dan bermanfaat.

Keywords


Rekonstruksi, Pendidikan, Karakter

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media dan Inovasi), Semarang: Pilar Nusantara.

Azis, T. N. (2019). Pendidikan dan Dakwah Melalui Media Sosial. The Annual Conference Universitas Ibnu Khaldun, 2.

Buselic, M. (2017). Distance LearningConcepts and Contributions. Oeconomica: Jadertina.

Danuri. M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal INFOKAM Nomor II Th. XV. AMIK. Jakarta: Teknologi Cipta Semarang

Davis, L. (2020). Digital learning: What to know in 2020. www.schoology.com.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Impementasi. Bandung: Alfabeta.

Harsanto, B. (2017). Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. Bandung: UNPAD Press.

Herlina, D. S., Setiawan, B., & Adikara, G. J. (2018). Digital Parenting: Mendidik Anak di Era Digital. Yogyakarta: Samudra Biru.

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Istiana, P. (2016). Gaya Belajar dan Perilaku Digital Native Terhadap Teknologi Digital dan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional: Kreatifitas Pustakawan pada Era Digital dalam Menyediakan Sumber Informasi bagi Generasi Digital Native, UNPAD Press.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsep & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.

Lickona, T. (2004). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues, Touchstone/Simon & Schuster.

Lickona, T. (2012). Educating for Character:Mendidik untuk Membentuk Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Bandung: BP MIGAS dan Energi.

Muhajir, N. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi III, Yogyakarta: Rake Sarasin.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Salahuddin, A & Alkrienciahie, I. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016) Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Triyanto. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 178-179.

Wahyuni, T. (2019). Paradigma Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Riayah, 4(1), 35-43




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i1,%20April.934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.