URGENSITAS PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Hamdi Yusliani

Abstract


Setiap manusia yang telah membangun sebuah keluarga pasti mendambakan suatu karunia paling besar dari Allah yaitu anak. Keberadaannya sangat dinantikan karena akan menjadi penerus sejarah manusia serta menjadi salah satu penguat ikatan dalam sebuah rumah tangga. Harapan tersebut tidak ada pengecualian, akan ada pada setiap laki-laki dan perempuan, miskin atau kaya, dimanapun keberadaannya. Tentunya anak yang diharapkan adalah anak yang sehat secara rohani dan jasmani, kuat, cerdas, pandai dan pastinya punya keimanan yang tinggi di kala dewasa nanti. Untuk mewujudkan hal tersebut maka keluarga, terutama orang tua, menjadi pondasi pertama dalam memberikan pendidikan dasar bagi anak. Islam sebagai agama rahmatallilalamin memberi petunjuk untuk dijalankan oleh umatnya dalam hal pendidikan anak. Pendidikan yang utama adalah pendidikan yang diberikan pada saat seorang ibu mengandung (prenatal). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya pendidikan prenatal dalam perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam hal ini ialah melakukan identifikasi wacana, dari buku, artikel, jurnal, web (internet), atau informasi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis (analisis isi). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Islam sangat memberi perhatian besar terhadap pendidikan prenatal, menanamkan nilai-nilai yang baik sehingga menjadi modal dasar dalam perkembangannya pada kehidupan selanjutnya. Islam memerintahkan bagi setiap orang tua untuk memperhatikan setiap gerak tingkah lakunya selama mengandung, baik dalam metode pendidikan maupun materi yang diberikan kepada anak sebagai lingkungan pertama yang diterima oleh anak

Keywords


Anak, Pendidikan Prenatal, Generasi Shalih

Full Text:

PDF

References


Abas, E. (2015). Periode Konsepsi Awal Kejadian Manusia (Pertemuan sperma dan Ovum) dan Nilai-nilai Pendidikan yang Terkandung Di dalamnya. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (1). 72-77.

Abdullah, M. (2017). Analisis Pendidikan Prenatal: Telaah Pemikiran ibn Qayyim al-Jauziyyah dalam Kitab Tuhfah al-Maudud. Jurnal al-Murabbi, 2 (2).

Achmadi (2005). Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al-Jauziyah, M. A. B. (2001). Tuhfah al-Maudud bi Ahkam al-Maulud, Tahqiq. Fawwaz Ahmad Zamrali. Beirut: Dar al-Kitab al-Araby.

Al-Qusyairy, M. I. H. (2014). Shahih Bukhari. terj. Muhajir. Bandung: Dahlan.

Anam, M. S. (2011). Fikih Kehamilan. Jombang: Darul Hikmah.

Departemen Agama RI. (1990). Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Lembaga Percetakan Al-Quran Raja Fahd.

Kusrinah. (2013). Pendidikan Pralahir: Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Bacan Al-Quran. Jurnal SAWWA. 8 (2). 272-278.

Ilyas, M. (2014). Fase Perkembangan Perkembangan Manusia dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al-Liqo. 4 (1). 2-9.

Jalal. (1980). Azas-Azas Pendidikan Islam, terj. Noer Ali. Bandung: Diponegoro

Junus, J. (2000). Tarjamah Al-Quran Al-Karim. Bandung: PT.Al-Ma`arif Abd. Fattah

Makin, B. M. (2007). Pendidikan Humanistik. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Mansur (2006) Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan. Yogyakarta: Mirta Pustaka.

Mutiarani. N. R. (2004). Pendidikan Janin Menurut F Rene Van D Carr dan Marc Lehrer dalam Prespektif Pendidikan Islam. Skripsi: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Nuraliyah. S. (2018), Implementasi Pendidikan Pranatal dalam Islam (Studi atas Ibu Hamil di Desa Kajen Margoyoso Pati). Skripsi. FTIK UIN Walisongo Semarang.

Poerwadarminta. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rasyim, A. I. & Syadiyah, S. (2015). Pendidikan Anak Pranatal menurut Ajaran Islam. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 1(1). 51-56.

Sulaiman, A. A. (1430 H / 2009 M). Minhaj ath-Thifli al-Muslim fi DhouI al-Kitab wa as-Shunnah, Terj. Ahmad Amin Sjihab, Lc. Jakarta: Darul Haq.

Tafsir, A. (2001). Ilmu Pendidikan . Bandung: Rosda Karya.

Ubes, N. I. (2004). Mendidik Anak Dalam Kandungan Optimalisasi Mendidik Anak Sejak Dini. Jakarta: Gema Insani.

Uhbiyati, N. (2009), Long Life Education Pendidikan Anak Sejak Dalam Kandungan Sampai Lansia. Semarang: Walisongo Press.

Utama, F & Prasetyawati, E. (2019). Prenatal dalam Pendidikan Islam. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(1). 28-34.

Van de Carr, V. R & Lehrer, M. (2001). While Your Expecting Your Own Prenatal Classroom, (Cara Baru Mendidik Anak dalam Kandungan), terj. Alawiyah Abdurraman. Bandung: Mizan.

Zakiyah dan Hasan. I. (2014). Pendidikan Anak dalam Kandungan Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Islamadin, 13(1). 1-8.

Zaim, M. (2016). Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan IQ, EQ, dan SQ (Studi Kitab Tuhfat Al-Mawdud bi Ahkam Al-Mawlud Karya Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 2(1). 7994




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i1,%20April.864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.