PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Zikra Zikra, Qurratu Aini, Suwarniati Suwarniati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah terutama pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiri pada materi struktur dan fungsi tumbuhan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah  pada siswa kelas XI MAN Blang Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 55 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI.2 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang kemudian diolah dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikans 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiri pada materi struktur dan fungsi tumbuhan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas XI MAN Blang Pidie.

Keywords


Pembelajaran Inquiri, Struktur dan Fungsi Tumbuhan, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Arifuddin, A., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaitah, Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 261 – 274.

Arikunro, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jauhar, M. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik Sampai Konstruktivitas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Nazaruddin. (2011). Keefektifan Model Inkuiri dengan Pemanfaatan Alat Peraga Dibandingkan dengan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (2), 1-12.

Remme, B. V. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Katolik Disamakan Makale. Jurnal KIP, 3 (2), 583-587.

Safrijar, Y., & Rizki, C. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Word Square pada Siswa Kelas VIII MTsN 3 Banda Aceh. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(1), 57-63

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Syah. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Udin, T., dan Hikmah, N. (2014). Pengaruh Penerapan Motode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Legok 1 Kabupaten Indramayu. Al Ibtida: Jurnal Guru MI, 1 (1), 1-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.