PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 3 BEUTONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya.  Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain  rancangan penelitian yang digunakan  adalah  pretest-postest Control Group Design. Adapun yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 yang masing-masing berjumlah 15 orang. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket motivasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik uji t (independent sample t-test) dan persentase. Hasil analisis data hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel  (thitung = 2,573 > ttabel = 1,701), sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terhadap hasil belajar siswa di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis angket motivasi siswa diperoleh 64% siswa sangat setuju, 27,33% siswa setuju, 8% siswa kurang setuju, dan 0,67% siswa sangat tidak setuju terhadap strategi pembelajaran Start with a Question (LSQ) dalam proses pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya respon positif siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran Start with a Question (LSQ)  pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya yang mengakibatkan peningkatan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci:Â Learning Start with A Question (LSQ), Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A.E. (2005). Prinsip-Prinsip Layanan dan Bimbingan Belajar. Padang: FIP IKIP.
Arikonto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
De Porter, Bobbi & Mike,H. (2000). Terjemah Alwiyah Abdurrahman. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Depertemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed.III. Jakarta: Balai Pustaka.
Eveline dan Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ronny, K. (2003). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM.
Pratiwi. (2009). Biologi SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Silberman, M. L. (2008). Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif . Bandung: Nuansa Cendikia.
Margono. S. (2005). Metodologi Penelitian. Semarang: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudirman, A. M. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trisno, H. (2002). Metode Risearch. Yogyakarta: Fakultas Physikologi Universitas Gajah Mada.
Winarno. S. (2006). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Zulkifli. (2002). Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i1.784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.