PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LIMAS SISWA KELAS VIII MTsN I ACEH BESAR
Abstract
Matematika merupakan suatu ilmu yang diadakan atas dasar akal yang berhubungan dengan benda-benda abstrak. Namun, banyak siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. Dalam mempelajari matematika siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. selain itu pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat juga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model PBL ini menyebabkan peserta didik dapat terlibat aktif, merangsang kemampuan berfikir, menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuhkembangkan keterampilan yang tinggi, memandirikan peserta didik dan meningkatkan kepercayaan dirinya.Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa, untuk mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa, danuntuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi limas siswa kelas VIII MTsN I Aceh Besar. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian eksperimen dengan desain yaitu One-Grup Pretest-Postted Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIIIMTsN I Aceh Besar yang terdiri dari 148 orang. Sedangkan yang menjadi sampel ialah siswa kelas VIII2 yangberjumlah 26 orang. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasilpengolahan data diperoleh harga  = 6,67 sedangkan = 1,71. Jadi  Maka Ho ditolak dan terjadi penerimaan terhadap Ha yaitu hasil belajar siswakelas VIII2 MTsN I AcehBesar pada materi Limas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan. Adapun ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari 26 siswa yaitu sebesar 92,3%. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran materi limas setelah diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  berkategori sangat positif dengan skor rata-rata 3,01.
KataKunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Andi Hakim Nasution. Landasan Matematika. Jakarta: Bhatara Karya Aksara,1992.
Badan Standar Nasional Pendidikan. Model Silabus Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas, 2006.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Standar Isi KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP, 2006.
Cholik dan Sugiono. Matematika untuk SMP/MTs. Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 2002.
Dahar. R.W. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Dirjendikti, P2lptk, 1988.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Russefendi. Pendidikan Matematika 3. PPP 6 2431, Buku 1, Modul 1-5. Jakarta: Depdikbud Universitas Terbuka, 1994.
Zainal Arifin. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Grasindo, 2003.
Hasan Munir. Eksistensi Similaritas Untuk Menetukan Panjang Ruas Garis dalam Segitiga. Karya Ilmiah (Diseminarkan Pada Program PersiapanPerkuliahan Tingkat Lanjut, tanggal 2 September 1993). Yogyakarta: FMIPA Universitas Gajah Mada, 1993.
Herman Hudojo. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional, 1998.
Herman Hudoyono.Kapita Selecta Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang, 2005.
Kamarullah, Dasar-Dasar Matematika. Diktat Perkuliahan Mahasiswa.
Margono S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
M. Iqbal Hasan. Pokok-Pokok Materi Statistik 1(Statistik Deskriptif).Jakarta: Bumi Aksara,2005.
Muslim Ibrahim.Penerapan Berdasarkan Masalah.Surabaya: Unesa Univesity Press, 2005.
Nana Soedjana. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya,1998.
Rusman.Model-Model Pembelajaran Profesionalisme Guru, edisi kedua. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Soedjana. Strategi Mengajar Matematika Modul 1-3. Jakarta: Depdikbud Universitas Terbuka.
Sudjana. Metode Statistika edisi V. Bandung: Tarsito, 1992.
Sudjana. Metode Statistik. Bandung: Tarsito, 2005.
Sudjana S. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif, Set.VII. Bandung : Al Falah Produstion, 2000.
Suharsimi Arikunto.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Suharsimi Arikunto.Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Suharsimi Arikunto.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Sukardi.Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta:Bumi Aksara,2004.
Tytler, R. Majalah Pendidikan Ipa: Khasanah Pengajaran Ipa. Bandung: Imapipa, 1996.
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v5i2.587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.