APLIKASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA PENGEMBANGAN TEORI MENGAJAR

Loeziana Uce

Abstract


Keterkaitan aktifitas belajar dan mengajar yang kini dikenal dengan istilah pembelajaran kenyataannya  cukup kuat.Oleh karenanya kajian ini juga akan mengupas  variabel-variabel yang terkait dengannya. Dalam pengembangan pembelajaran yang di dalamnya tercakup kegiatan mengajar dan peserta didik yang belajar, diperlukan suatu kiat psikologis untuk lebih menjurus pada efektifitas pencapaian tujuan belajar., beberapa  variable  yang  merupakan  kesatuan dalam menunjang hal tersebut diantaranya adalah usaha memotivasi, usaha memberikan informasi dan usaha memberi keteladanan bagi peserta didik, Aplikasi psikologi pendidikan dalam ilmu mengajar terlihat dalam berbagai terapan pembelajaran antara lain pada teori belajar yang dipilih, model-model pembelajaran, alokasi waktu dan sarana yang digunakan. Tentu aplikasi pada lapangan tersebut bukanlah sesuatu yang final, tetapi masih memungkinkan muncul pada sendi-sendi lain dari upaya mengajar berkesan.

Full Text:

PDF

References


Alpha Chiang, Dasar-dasar Matematika Ekonomi, edisi 4, jilid 1, (Jakarta: Erlangga, 2005)

Bangalore Kuppuswamy, Advanced Educational Psychology, (New Delhi: Sterling, 1964)

Chomsin S. Widodo, Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008)

Chris Brooker, Ensiklopedia Keperwaratan, (diterjemahkan oleh Andri Hartono dkk), (Jakarta: EGC, 2009

David C. Leonard, Learning Theories, A to Z, (USA: Greenwood, 2002 )

Donald J. Shoemaker, Theories of Delinquency: An Examination of Explanations of Delinquent Behavior: An Examination of Explanations of Delinquent Behavior, (USA: Oxford University Press, 2009)

Eamon O'Doherty, Education in a Changing Environment: Conference Book, Volume 4, (California: Informing Science, 2008)

Esah Sulaiman, Pengenalan Pedagogi, (Johor: UTM, 2004)

George R. Taylor, ‎Loretta MacKenney, Improving Human Learning in the Classroom: Theories and Teaching Practices, (UK: Rowman, 2008)

George R. Taylor, Practical Application of Classroom Management Theories Into Strategies, (Boulevard: UPA, 2004)

Jusuf A Faisal, Reorietasi pendidikan Islam, (Bandung: Gema Insani, 1995)

Kuppusmawy B, Advance Educational Psychology, (New Delhi: Sterling, 1991)

Nursalam, Pendidikan Dalam Keperawatan, (Jakarta: Salemba Medika, 2010)

Ridwan Sanjaya, Meningkatkan Finasial Dosen, guru dan Mahasiswa, (Jakarta: AMK, 2008)

Roy Killen, Effective Teaching Strategies: Lessons from Research and Practice, (Victoria: Thomson Social Science Press, 2007)

Shai Ben-David, Computational Learning Theory: Third European Conference, EuroCOLT '97, Jerusalem, Israel, March 17 - 19, 1997, Proceedings, Volume 3, (Berlin: Springer, 1997)

Sri Erti Juwandono, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Grasindo, 2006)

Tim Pengembangan Pendidikan UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bag. 1: Ilmu Pendidikan Teoritis, (Bandung: Grasindo, 2009)




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v5i2.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.