Implementasi Pendidikan Qur’ani Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA di Kota Banda Aceh

Rosnidarwati Rosnidarwati

Abstract


Penerapan pendidikan Qur’ani dipandang perlu, hal ini disebabkan munculnya berbagai kasus moral di kalangan siswa seperti penggunaan narkoba, penyalahgunaan teknologi informasi dengan mengakses situs yang tidak baik (negatif), keke­rasan, pergaulan bebas dan sebagainya. Model penerapan pendidikan Qur’ani bagi siswa SMA di Kota Banda Aceh memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan karakter siswa. Adapun model pembelajaran Qur’ani bagi siswa SMA di Kota Banda Aceh yaitu: (1) Tarbiyah, yang meliputi, penyusunan kalender akademik, membuat silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengembangan materi, pemilihan metode dan evaluasi. (2) Ta'līm, yang terdiri dari kegiatan pengajaran Al-Qur’an (belajar tadarus Al-Qur’an) dan pengajaran akhlak (karakter). (3) Ta’dīb, meliputi: Suri teladan yang baik, pembiasaan membaca do’a, pembiasaan memberikan salam, dan pembiasan hidup bersih. Model penerapan pendidikan Qur’ani di luar kelas bagi siswa SMA di Kota Banda Aceh, yaitu tadarrus Al-Qur’an, shalat dhuhur berjamaah, kegiatan organisasi rohani Islam (Rohis), pesantren kilat, dan Peringatan Hari-Hari Besar Islam (PHBI). Kelebihan penerapan pendidikan Qur’ani bagi siswa SMA di Kota Banda Aceh yaitu: menciptakan lingkungan yang Qur’ani, menanamkan keyakinan, menanamkan etika pergaulan siswa, menanamkan kebiasaan baik dan uswātun ḥasanah, sekolah berkarakter Qur’ani, dan peningkatan kerjasama. Adapun kekurangan penerapan pendidikan Qur’ani bagi siswa SMA di Kota Banda Aceh yaitu: Perbedaan latar belakang siswa, fasilitas pembelajaran belum memadai, kurangnya kesadaran siswa dalam belajar, pengaruh lingkungan tempat tinggal, dan pengaruh perkembangan teknologi.

Kata Kunci: Pendidikan Qur’ani, dan Pembentukan Karakter.

Full Text:

PDF

References


Dharma Kesuma, et. all., Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Husein Umar, Metodelogi Penelitian untuk Skripsi, Thesis dan Bisnis. Jakarta: Grafindo Persada, 2008.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

M. Hariwijaya, Panduan Mendidik dan Membentuk Watak Anak; Memahami Perilaku dan Cara Berpikir Anak Masa Kini, Yogyakarta: Luna Publisher, 2010.

M. Nasir Budiman, dkk. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Tesis dan Disertas. Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry, 2004.

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Marijan, Metode Pendidikan Anak; Membangun Karakter Anak yang Berbudi Mulia, Cerdas, dan Berprestasi. Yogyakarta: Sabda Media, 2012.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasih, 2000.

Rusdin Pohan, Metodologi Penelitian Pendidika. Banda Aceh: Ar-Rijal Institute, 2007.

Said Agil Husin Al Munawar, Al-Qur'an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

_______, Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Isla. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitati. Bandung: Alfabeta, 2012.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Syaih Khalid Sayyīd Rusyah, Nikmatnya Beribadah, (terj., Kusrin Karyad. Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 2004.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i2.565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.