PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN

Nurul Jeumpa

Abstract


Dalam tulisan ini penuliskan ingin menekankan sehingga dapat menjadi acuan dalam pemebelajaran bahwa reward adalah suatu hadiah yang dapat menyenangkan hati subjek didik di lingkungan sekolah, karena perbuatan atau pekerjaannya yang telah mendapat penghargaan dari para pendidik, dengan demikian subjek didik dapat mengulangi kembali perbuatan yang telah dilakukan bahkan lebih baik lagi. Reward juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berupa penghargaan yang menyenangkan perasaan yang diberikan kepada siswa karena hasil baik dalam proses pendidikannya. pemberian reward dalam konteks pendidikan dapat diberikan bagi siapa saja yang berprestasi, dengan adanya reward itu, siswa akan lebih giat belajar karena dengan adanya reward tersebur siswa menjadi termotifasi untuk selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik. Oleh karena itulah penting kiranya metode reward ini diterapkan di sekolah.


References


Daftar Pustaka

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2000.

Amin Daen Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha Rahmat, 1990.

C.P. Chaplin, Kamus Lengkap Psikologi, Terj. Kartini Kartono, Jakarta: Raja Grafindo Prsada, 1981.

Hamzah B. Uno , Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Ibnu Hajjah bin Muslim Qusyairi Nasaiburi, Shahih Muslim, Juz 1 Darussalam, 1998.

Menurut Amir Daien Indrakusuma, PengantarIlmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1973.

Mohammad Surya, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004.

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1988.

Robert E. Slavin, Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktik, Jakarta: Indeks, 2009.

S. Supayitno dan Amitiya Kumara, Mengajar Anak Berdisiplin Diri di Rumah dan di Sekolah, Jakarta: Gramedia, 1996.

Sardiman AM, Prinsip dan Motivasi Dalam Pembelajaran, Jakarta: Bina Ilmu, 1991.

Soejono, Aliran Baru dalam Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: Harapan, 1960.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Tasnim Idris, Penerapan Metode Targhib dan Tarhib dalam Pendidikan Islam, Darussalam, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2008.

W.W Charters, V. Good, Dictionary of Education Prepared Under The Auspices Of Phi Delta Kappa, New York Toronto London: Mc. Graw, Hill Book Compani, Inc, 1959.

Wina sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i1.443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.