SIGNIFIKANSI PERAN PENASEHAT AKADEMIK DI PTAI

Nurdin Mansur

Abstract


Peran penasehat akademik di perguruan tinggi yaitu: (a) Informator. Penasehat akademik menjadi sumber informasi, terutama berkaitan dengan kegiatan akademik yang telah diprogramkan oleh fakultas atau institut. (b) Organisator. Berperan aktif dalam pengelolaan, penataan kegiatan akademik mahasiswa. (c) Motivator. Meningkatkan (memotivasi) mahasiswa lebih giat belajar dan mengembangkan aktifitas akademiknya. (d) Direktor. Sebagai teladan yang mampu membimbing dan mengarahkan. (e) Inisiator. Sebagai pencetus gagasan, ide dan  pikiran-pikiran  baru. (f) Transmitter dan Fasilitator. Penasehat akademik berperan sebagai penyebar  kebijaksanaan  dalam pendidikan dan pengetahuan. (g) Mediator. Sebagai penengah, perantara, antara mahasiswa dengan pihak fakultas atau institut. (h) Evaluator. Penasehat akademik harus mampu dan mau mengadakan penilaian secara menyeluruh (komprehensip). Adapun tugas dan tanggungjawab penasehat akademik dalam proses pembelajaran dan kegiatan akademik di PTAI, di antara yaitu: (a) Memperkenalkan   kepada  mahasiswa  tentang  sistem  yang  berlaku  dalam berbagai kegiatan akademik dan membimbing mereka dalam proses pendidikan hingga selesai menjadi sarjana. (b) Mengarahkan  mahasiswa  dalam menetapkan dan memilih program studinya serta memberikan  pertimbangan  akademik terhadap  berbagai  kegiatan studi dan mata kuliah yang dipilih mahasiswa. (c) Memberikan  pertimbangan  kepada  mahasiswa  yang  dibimbingnya  tentan banyaknya beban kredit yang dapat diambil, peningkatan  status program dan mengikuti perkembangan studi mahasiswa yang dibimbingnya dengan sistem dokuemntasi yang baik. (d) Menangani, menampung dan menanggulangi berbagai persoalan akademik  dan Membantu  dan membimbing mahasiswa  dalam mempersiapkan  karya tulis.


References


Hadari Nawawi, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Haji Masagung, 1987.

Tim Penyusun Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia, Jakarta: Yayasan Swadaya, 1995.

Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press, 1990.

Tim Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry, Buku Panduan S-1, Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 1989.

YB. Suparlan, Aliran- Aliran Baru Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Andi Ofset, 1984.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v2i2.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.