URGENSI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK

Sri Astuti

Abstract


Tulisan ini membahasa tentang konsep pendidikan keluarga dalam dalam mendidik anak. Keluarga adalah lingkungan pertama dan utama bagi anak, karena ia memiliki fungsi yang sangat fundamental dalam mendidik anak. Berdasarkan al-Quran dan Sunnah bahwa orang tua begitu berperan dalam mendidik anak sejak dalam kandungan sampai tumbuh dan besar menjadi dewasa. Anak pada fase 0-15 tahun merupakan saat yang sangat tepat sekaligus rentang dalam proses penanaman nilai-nilai agama, akal, akhlak, jasmani dan kesehatan, psikologi dan emosi serta sosial. Sehingga keluarga merupakan pendidikan tertua, yang bersifat informal dan kodrati. Pendidikan di lingkungan keluarga memberikan dasar dalam menumbuh kembangkan anak sebagai makhluk individu, sosial, susila dan religius. Anak yang dilahirkan dari keluarga yang Islami adalah anak yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, sosial dan emosional, tetapi yang paling penting adalah kecerdasan spiritual.

References


‘Abd al-RahmÄn al-NahlawÄ«, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

‘Abd Allah Nasih ‘Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, (Terjemahan), Jakarta: Pustaka Amani, 1994.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosda Karya, 2004.

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.

CD Hadist Kutub al-Sittah.

H.A.R. Tilaar, Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan Nasional, Bandung: Rosda Karya, 2002.

Hamdan Farchan, Keluarga, Basis Pendidikan Agama, Kompas, Edisi 8 Mei 2003.

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologis, Filsafat dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru, 2004.

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2008.

Husaīn Mazahirī, Pintar Mendidik Anak: Panduan Lengkap Bagi Orang Tua, Guru dan Masyarakat Berdasarkan Ajaran Islam, (Terjemahan), Jakarta: Lentera, 2002.

Ibrahim Amini, Agar Tak Salah Mendidik, Jakarta: Al-Huda, 2006.

Inayat Khan, Mendidik Anak Secara Sufi: Sejak dari Kandungan Hingga Remaja, (Terjemahan), Bandung: Marja’, 2002.

M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis, Cet. XVII. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Maūlana Muhammad Alī, Islamologi, Jakarta: PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1980.

Muhammad FuÄd Abd al-BÄqÄ«, al-Mu’jam al-MufakhrÄs li al-faz al-Qur’Än al-KarÄ«m, DÄr al-Fikr, 1987.

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

Warul Walidin. AK, Dinamika Pemikiran Pendidikan, Banda Aceh: Taufiqiyah Sa’adah, 2003.

Zakiah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, Cet. Ke 17; Jakarta: Bulan Bintang, 2005.

------------, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara, 2004.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i1.423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.