KONSEP DISIPLIN DALAM PENDIDIKAN

Nurul Jeumpa

Abstract


Dalam penulisan ini penulis menelaah lebih jauh arti dan pentingnya disiplin dalam pendidikan. Disiplin menunjukkan sebuah situasi kepatuhan, ketaatan, menghina dari hukuman terhadap undang-undang, norma-norma sosial yang berlaku di mana seseorang berdomisili. Begitu pula disiplin merupakan pengendalian diri ke arah positif melalui tata tertib dan peraturan-peraturan yang dijalankan setiap pribadi dalam aktivitas sehari-hari. Disiplin lahir karena ada proses pendidikan untuk mengendalikan individu dan komunal. Tanpa disiplin tidak mungkin mempunyai kehidupan yang tertib dan teratur, karena tujuan disiplin adalah membentuk prilaku yang sesuai dengan yang diharapkan. Dalam ajaran  agama Islam disiplin merupakan suatu hal yang sangat penting karena tanpa kedisiplinan agama itu menjadi sia-sia.


References


Agus Sujanto, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Ali Qaimi, Peranan Ibu Dalam Mendidik Anak, Jakarta: Cahaya, 2005.

Asy Mas’udi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Yogyakarta: PT Tiga Serangkai, 2000.

Azyumardi Azra, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Kompas, 2002

B. Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Darwin, Bimbingan dan Penyuluhan, Jakarta: Indonesia Ghalia, 1998.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan dan Kewarganegaraan untuk Siswa Kelas 2, Proyek Pembinaan Pendidikan Pancasila, Tahun Anggaran 1994/1995, Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 1994.

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep Karakteristik dan Implimentasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak, Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 1978.

Harold G. Shane, Arti Pendidikan Bagi Masa Depan, Jakarta: Rajawali, 1984.

Kadir, Penuntun Belajar PPKN, Bandung: Pen Ganeca Exact, 1994.

Melayu Hasibuan, SP, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Moedjiarto, Sekolah Unggul, Metode untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan, Bandung: Duta Graha Pustaka, Anggota IKPI, 2002.

Muh Sury, Bina Keluarga, Jakarta: Aneka Ilmu, 2003.

Oemar Hamalik, Metoda Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito, 2005.

Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ketiga Cet. III, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Saiful Bahri Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional, 2002.

--------------------------, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Sal Severe, Bagaimana Bersikap Pada Anak Bersikap Baik, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

The Liang gie, Cara Belajar Yang Efisien, Yogyakarta: Liberti Yogyakarta, 1995.

Tholib Kasan, Teori dan Aplikasi Administrasi Pendidikan, Jakarta: Studia Press, 2001.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v2i2.417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.