KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYELESAIAN KONFLIK DI SEKOLAH

Amin Haris

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam penyelesaian konflik di sekolah. Metode yang digunakan kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ditemukan: kepemimpinan kepala sekolah dalam penyelesaian konflik menganut menganut gaya transformasional dan situasional, sumber konflik tidak transparan dalam laporan keuangan, kinerja guru dan karyawan lemah. Penyelesaian konflik dilakukan dengan analisis masalah dan pengambilan kebijakan secara batton up berdasarkan aspirasi bawahan. Dari hasil penelitian disarankan bahwa agar tidak terjadi masalah dalam pengambilan keputusan maka semua kebijakan hendaknya harus tetap bersumber dari aspirasi guru, siswa, karyawan, komite dan orangtua siswa dan berdasarkan kepentingan sekolah.

References


Agung. A.A.G. 2009. Hubungan Kepemimpinan Transformasional, Kelelahan Emosional, Karakteristik Individu, Budaya Organisasi, dan Kupuasan Kerja dengan Komitmen Organisasional. Disertasi Universitas Negeri Malang. Tidak dipublikasikan. Malang.

Bafadal, I. 1995. Proses Perubahan di Sekolah: Studi Multisitus pada Tiga Sekolah Dasar yang Baik di Sumekar. Disertasi tidak diterbitkan. PPS IKIP Malang: Malang.

Bafadal, I. 2006. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Bafadal, I. 2008. Tuntutan Profesional Kepala Sekolah. Malakah disampaikan pada Acara Seminar Nasional Menyongsong Implementasi Sertifikasi Kepala Sekolah: Pada Tanggal, 15 Desember 2008. Online. hhtp://www.um.ac.id. Diakses tanggal 18 November 2011.

Cash, J. 1997. What Good Leaders Do. Trust for Educational Leadership. 37 (3)

Cunningham, W. G. 1982. Systematic Planning for Educational Change, First Edition, Sacramento, California: Mayfield Publishing Company.

Danim, S. & Suparno. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Davis, G.A. & Thomas, M.A. 1989. Effective Schools and Effective Teachers. Massachusetts: Ally and Bacon.

Dubin, A.E. 1991. The Principal as Chief Executive Officer. London: The Falmer Press.

Fauzudin. 2011. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Studi Multikasus pada Dua SMA Negeri dan Satu MA Negeri di Kota Banda Aceh. Disertasi. Program Pascasarjan Universitas Negeri Malang. Tidak dipublikasikan. Malang.

Fullan, M. 2001. Leading in a Culture of Change. Sanfrancisco: John willey & Sons, Inc.

Gibson, J. L. dan Ivancevich, JM. 1996. Organizations: Behavior, Structure, and Process. Plano: Business Publication.

Gorton, R. 1977. School Administration: Challenge and Opportunity for Leadership. Dubuque, Iowa: Brown Company Publishers.

Karyanto. 2009. Keterampilan Manajerial Peningkatan Keunggulan Pembelajaran. Studi Multikasus pada Tiga SMA Unggulan di Kota Semarang. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Tidak Dipublikasikan. Malang.

Koster. W. 1999. Keefektin Sekolah. Survai di SLTP Negeri DKI Jakarta. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Tidak dipublikasikan. Jakarta.

Kusmintardjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Tidak dipublikasikan. Malang.

Mantja, W. 2010. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang. Elang Mas.

Mulyasa, 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rodaskarya: Bandung.

Owens, R.G. 1991. Organizational Behavior in Education. Boston: Allyn and Bacon.

Rivai, V. & Sylviana. M. 2009. Education Managemet: Analisis Teori dan Praktik. Jakarta. RajaGrafindo Persada.

Roche, De, E.F. 1985. How School Administrator Solve Problems. Englewood Cliffs. New Jersey: Prentice Hall, Inn.

Soetopo, H. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Diterbitkan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sergiovanni, T.J. 1987. Pricipalship: A Reflextive Practice Perspective. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Tasrim. I.W. 2011. Kepemimpinan Visioner dalam Proses Perubahan di Sekolah Efektif. Studi Multikasus pada Tiga Sekolah Dasar di Kota Bunga. Disertasi Univ. Negeri Malang. Tidak dipublikasikan. Malang.

Terry. G.R. 1977. Principles of Management. Illion: Irwin Dorsey Limited.

Wuradji. 2009. The Educational Leadership: Kepemimpinan Transformasional. Yogyakarta. Gama Media.

Yukl, G. 1998. Leadership in Organizations. Alih Bahasa: Udaya, J. Jakarta: Prenhallindo.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v2i1.410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.