Critical Analysis of an L2/FL Course Book or Syllabus

Sarair Sarair

Abstract


Silabus merupakan hal terpenting dalam proses belajar mengajar. Seorang guru harus memiliki silabus sebelum memberikan pelajaran kepada siswanya. Silabus yang berbasis kepada kurikulum komunikatif lebih banyak dipilih pada saat ini karena kurikulum ini membuat para siswa untuk dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris. Ada dua jenis silabus yang berbasis kurikulum komunikatif yaitu silabus synthetic dan silabus analitic.Dalam jurnal ini akan direview atau dianalisa sebuah buku teks bahasa Inggris non commercial untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Buku ini di desain khusus untuk siswa jurusa IPA dan isi buku tersebut sesuai dengan context IPA.

References


Doddy, A, Sugeng, A & Effendi 2008, “Developing English Competencies for senior high school (SMA/MA)”, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, retrieved 5th August, 2010.

Graves, K 2008, ‘The language curriculum: a social-contextual perspective’, Language Teaching, vol, 41, no.2, pp. 147-81, retrieved 26 May 2010, Canbridge Journals database.

Hall, DR & Sewings, A 2001, “Innovation in English Language Teaching”, Routledge, New York.

Kostogriz, A 2010, ‘The learning process and the syllabus’, Topic 3, Innovation in Language Curriculum, Study Guide, Deakin University.

Richards, JC 2001, ‘Course planning and syllabus design, Curriculum development in language teaching, Cambridge University Press, Cambridge, pp. 145-97.

Richards, JC (n.d), The role of textbooks in a language program, retrieved 19 May 2010. http://www.professorjackrichards.com/work.htm?http://www.professorjackrichards.com/pages/work-content-articles.htm~content.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v2i1.408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.