IMPLEMENTASI KONSEP KHALIFAH TERHADAP PENDEKATAN TUTORIAL COOPERATIVE LEARNING DALAM PROSES PENDIDIKAN

Hamdi Yusliani

Abstract


Manusia merupakan makhluk Allah swt yang paling sempurna dan sebaik-baik ciptaan yang dilengkapi dengan akal pikiran. Demikian juga manusia adalah makhluk kosmis yang sangat penting, karena dilengkapi dengan semua pembawaan dan syarat-syarat yang diperlukan dalam mengemban tugas dan fungsinya sebagai makhluk Allah swt di muka bumi. Allah swt menciptakan manusia dan menempatkannya di muka bumi ini bukan tanpa alasan, yaitu menjadi hamba dan khalifah dalam mengelola bumiNya sesuai dengan arahan dan petunjukNya. Hal ini tidak hanya menjadi hasil pemikiran manusia saja, melainkan dijelaskan dalam ayat-ayatNya. Dunia pendidikan dalam perkembangannya telah banyak menghasilkan berbagai macam pendekatan dan metode pembelajaran, salah satunya adalah pendekatan tutorial cooperative learning. Pendekatan pembelajaran ini merupakan pendekatan yang berorientasi pada anak didik. Menurut penulis, pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kelompok secara gotong royong akan menimbulkan suasana belajar partisipatif dan menjadi lebih hidup. Teknik pendekatan tutorial cooperative learning dapat mendorong timbulnya gagasan yang lebih bermutu dan meningkatkan kreativitas siswa.


References


Ahzami Samiun Jazuli, Kehidupan dalam Pandangan al-Qur’an, (Jakarta: Gema Insani, 2006)

Al-Ashfahani, al-Mufradat fi Gharibi al-Qur’an, (Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1324 H)

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)

Imam Abi al-Hasan ‘Ali bin Ahmad al-Wahidiy, Asbabu Nuzuli al-Qur’an, (Beirut: Dar al-Kutubi al-‘Ilmiyyah, 1998)

Muhammad Fuad Abdu al-Baaqi, al-Mu’jam al-Mufahras li alfaadhi al-Qur’an al-Karim, (Al-Qahirah: Dar al-Fikr, 1988)

M. Dawam Rahardjo, Ulumul Qur’an (Insiklopedia al-Qur’an: Khalifah, Jurnal Ilmu dan Kebudayaan), No. 1, Vol. VII, Tahun 1995, (Jakarta: Lembaga Studi Agama dan Filsafat (LSAF)

M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, Vol. I, (Ciputat: Lentera Hati, 2000)

Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam,Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)

Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997)




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v2i1.406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.