REAFIRMASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DALAM KEHIDUPAN MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER

Sri Suyanta

Abstract


Dalam rangka mengukuhkan nilai-nilai religiusitas dalam kehidupan, pendidikan karakter merupakan keniscayaan. Proses dan mekanismenya  melintasi area, masa dan usia. Pendidikan karakter mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah, tetapi juga di rumah dan di lingkungan sosial masyarakat lainnya. Ia mestinya menjadi panglima, diprioritaskan sejak dahulu kala, kini dan masa datang. Bahkan sekarang ini peserta didik dalam pendidikan karakter bukan lagi anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa bahkan usia manula sekalipun. Oleh karenanya pendidikan karakter harus dirancang dan dilaksanakan secara sistematis dan simultan untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan dirinya, sesama manusia, lingkungan dan Tuhannya. Pendidikan karakter dapat ditempuh melalui tiga tahap, yaitu sosialisasi pengenalan (introduksi), penghayatan (internalisasi), dan pengukuhan (aplikasi) dalam kehidupan

References


Abdullah Nashih Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak, Terjemahan dari Tarbiyatul Aulad fil Islam oleh Saefullah Kamalie dan Herry Noer Aly, CV. Asy-Syifa’, Semarang, 1981.

Baruzzaman Ismail, Sosialisasi Nilai-Nilai Moral melalui Lembaga Pendidikan, Makalah Muzakarah Majelis Ulama Indonesia, Propinsi Daerah Istimewa Aceh, 14-16 Desember 1996.

Hassan Shadily, Sosiologi Untuk Masyarkat Indonesia, Bina Aksara, Jakarta, 1984.

Muhammad Athiyah al-Abrasi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terjemahan Prof. H. Bustani A. Gani, PT. Bulan Bintang, Jakarta, 1969.

Nur A. Fadhil Lubis, Aktualisasi Nilai-Nilai Moral Dalam Kehidupan Kampus, Makalah Studium, Genaral Parogram Pascasarjana IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, 1 September 2006.

Nurcholish Madjid, Masyarakat Religius, Yayasan Paramadina, Jakarta, 1997.

Philip Robinson, Beberapa Perspektif Sosiologi Pendidikan, Penerbit Rajawali Press, Jakarta, 1986.

Safwan Idris, Sosialisasi Nilai-Nilai Moral Melalui Lembaga Pendidikan Formal, Makalah Seminar/ Muzakkarah MUI Prop. Daerah Istimewa Aceh, 14-15 Desember 1996, Banda Aceh, 1996.

Tim Penulis Kemendiknas, Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Kemendiknas, Jakarta, 2010




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v2i1.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.