IMPLEMENTASI PENDEKATAN BLANDED LEARNING DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN DI FTK UIN AR-RANIRY

Nuralam Abdullah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran banded learning, hasil belajar dan respon mahasiswa setelah pendekatan blanded learning pada perkuliahan Teori Bilangan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry yang mengambil mata kuliah Metode Penelitian sebanyak 28 orang. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kuantitas hasil belajar  mahasiswa dalam kategori baik, dosen telah mengelola pembelajaran Teori Bilangan dengan menggunakan pendekatan blanded learning dengan kategori baik dan respon mahasiswa dalam belajar pada kategori positif.

References


Grouws, Douglas A. 1992. Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: National Council of Teachers of Mathematics.

Hardjito. 2002. Internet Untuk Pembelajaran. http://www.pustekkom.go.id.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Newell, A & Simon, H.A. 1977. Human Problem Solving. New Jersey: Prentice Hall.

Nuralam. 2009. Pemecahan Masalah sebagai Pendekatan dalam Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Media Komunikasi Pendidikan. Vol. V. No. 1 Juni 2009.

Suharsimi Arikunto, 2007. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Yaniawati, R. Poppy. 2000. Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran Matematika Yang Berbasis Kompetensi. http://www.jurnalkopertis4.org.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v1i1.372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.