PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMP

Linda Novita, Siraj Siraj, Saiful Bahri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan adanya pengaruh: 1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja, 2) budaya organisasi sekolah terhadap motivasi kerja, 3) kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, 4) budaya organisasi sekolah terhadap profesionalisme guru, dan 5) motivasi kerja terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP yang ada di kecamatan Jeunib sebanyak 147 orang yang kemudian menjadi sampel sebanyak 106 orang setelah dihitung dengan rumus Slovin. Hasil penelitian didapatkan bahwa 1) adanya pengaruh yang positif dan signifkan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja, 2) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel budaya organisasi sekolah terhadap motivasi kerja, 3) adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, 4) adanya pengaruh antara variabel budaya organisasi sekolah terhadap profesionalisme guru, dan 5) adanya pengaruh langsung antara variabel motivasi kerja terhadap profesionalisme guru.

Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi Sekolah, Motivasi Kerja, Profesionalisme Guru

Full Text:

PDF

References


Achmad, H. H., Adha, R. N., & Nurul, Q, (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Lingkungan Kerja Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian Ipteks, 4(1), 23-30

Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jumant, 8(2), 189-206

Arisanti, K. D., Santoso, A., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Nganjuk. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 101-118. http://dx.doi.org/10.30737/jimek.v2i1.427

Nora, C. M., Bahri, S., & Siraj. (2024). Pengaruh Budaya Sekolah, Kompetensi Guru, dan Motivasi terhadap Produktivitas Akademik Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Utara. Journal of Education Research, 5 (4), 4539–4546. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1593

Enny, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: UBHARA Manajemen Press.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hera, Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Science (JES), 7(2), 150-156

Kesumawati, N. & Ichwan. A. (2017). Statistik Parameritik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noer Fikri.

Kumar. J. & Rao, B. D. (2000). Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Permendiknas Nomor 19 Tahun 2004 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Pidarta. (1997). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Bina Rineka Cipta

Poppy, R. (2014). Komunikasi Organisasi Teori Studi Kasus. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Rivai & Ella. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan (Teori dan Praktek). Jakarta: Murai Kencana

Robbin, S. (2001). Perilaku Organisasi. Salemba Empat: Jakarta

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Siagian, S. P. (2002). Manajemen Sumberdaya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta

Simamora, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: SIE YKPN.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2010). Administrasi Pendidikan. Pustaka Karya: Bandung

Suranta, S. (2002). Dampak Motivasi Karyawan pada Hubungan antara Gaya Kepemimpinan dengan Kinerja Karyawan Perusahaan bisnis. Jurnal Empirika, 15 (2), 116-138.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Zamroni. (2003). Paradigma pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: BIDRAF Publishing.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v12i1,%20April.2473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.