SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (STUDI KASUS PADA SEKOLAH DASAR KABUPATEN BIREUEN)

Ibrahim Ibrahim, Munawar Munawar, Najmuddin Najmuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kinerja guru pada sekolah dasar Kabupaten Bireuen. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 11 orang guru yang diambil secara acak pada UPTD SD Negeri 1 Makmur, UPTD SD Negeri 2 Makmur, dan UPTD SD Negeri 4 Makmur. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa perencanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah di sekolah dasar Kabupaten Bireuen disusun secara terstruktur dan berkelanjutan. Program tersebut dilaksanakan setiap semester dan disusun dalam bentuk raport. Sebelum melaksanakan kegiatan supervisi kepala sekolah harus menyiapkan instrumen penilaian, pedoman penskoran, melakukan penjadwalan supervisi, sosialisasi kepada guru mengenai pelaksanaan supervisi, melakukan supervisi akademik, mengadakan refleksi dan evaluasi pembelajaran serta menganalisis hasil dari penskoran. Pelaksanaan supervisi akademik meliputi beberapa tahap, yakni a) tahap perencanaan awal; menyusun program supervisi akademik, menyusun instrumen penilaian supervisi akademik, menyusun jadwal supervisi, dan melakukan sosialisasi pelaksanaan supervisi akademik, b) tahap pelaksanaan observasi; kepala sekolah melakukan observasi di kelas dengan membawa instrumen yang telah disiapkan, c) tahap evaluasi supervisi akademik. Hasil evaluasi supervisi akademik melalui kegiatan pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah diperoleh hasil mayoritas guru sudah melampaui kriteria nilai standar yang ditentukan. Dari hasil tersebut guru yang sudah melampaui kriteria tergolong kategori aman. Akan tetapi tidak dipungkiri ada beberapa guru yang membutuhkan bimibingan sehingga diprogramkan melaksanakan kegiatan guru belajar secara khusus seperti diikutkan pelatihan, workshop, magang, studi banding, dan lainnya. Hal ini guna meningkatkan kualitas kinerja guru agar mampu mengupgrade kemampuan diri

Keywords


Supervisi Akademik, Pengawas, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., Susanti, D. F., Imron, A., & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 78-82

Archibong, F. I. (2012). Instructional Supervision In The Administration of Secondary Education: A Panacea for Quality Assurance. European Scientific Journal, 8(13), 61–70.

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Ibrahim, S., & Makmurrizal, C. Z. H. (2016). Pelaksanaan Supervisi oleh Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Rofesionalisme Guru pada SMANegeri 2 Bandar Baru Pidie Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3), 93645

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten. Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75-85.

Hasan. (2023). Peran Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 11(1), 91-100

Harjali, H. (2016). Implementasi Evaluasi Kinerja Guru di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Nadwa, 10(1), 79-82.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-122 https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Ginting, R. (2020). Fungsi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JENFOL,1(2), 88–92.

Makawimbang. (2016). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Madjid, A. (2014). Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra biru

Messi, M., W. A. Sari, & Murniyati, M. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 3(1), 114–25

Merdekawaty. (2023). Analisis Tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(3), 45-52.

Mustofa. (2019). Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Mulyasa.( 2006). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Prasojo dan Sudiyono. (2015). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media

Rismawan, E. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(2) 114–132

Shaifudin, A. (2020). Supervisi Pendidikan Arif Shaifudin. El-Wahda: Jurnal Pendidikan, 1(2), 36–37.

Shulhan. (2013). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Yokyakarta: Sukses Offset

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsaputra. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

Suryani, C. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 23-33




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v12i1,%20April.2472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.