IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU UPTD SD NEGERI 21 BIREUEN

Zalikha Zalikha, Munawar Munawar, Saiful Bahri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi terhadap kepala sekolah dengan pendekatan supervisi klinis untuk meningkatkan kinerja guru di UPTD SD Negeri 21 Bireuen yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, warga sekolah di UPTD SD Negeri 21 Bireuen. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan (planning) pada manajemen supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di UPTD SD Negeri 21 Bireuen yaitu melalui menemukan aspek-aspek prilaku apa dalam proses belajar mengajar yang perlu diperbaiki, mendiagnosis dan membantu memecahkan masalah-masalah pembelajaran.  Pelaksanaan (actuating) pada manajemen supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di UPTD SD Negeri 21 Bireuen yaitu kepala sekolah secara langsung supervisi kegiatan pendidik dalam melakukan tugas utamanya, mengajar, menggunakan alat, metode dan teknik mengajar, serta observasi secara cermat. Hasil observasi kelas digunakan oleh supervisor bersama pendidik untuk menentukan cara-cara yang paling tepat untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran. Evaluasi (controling) pada manajemen supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di UPTD SD Negeri 21 Bireuen yaitu kepala sekolah memberikan penguatan terhadap penampilan pendidik, mengajak pendidik menelaah tujuan pembelajaran dan aspek pembelajaran yang menjadi fokus perhatian dalam supervisi, dan menanyakan perasaan guru tentang jalannya pembelajaran. Kepala sekolah juga menunjukkan data hasil observasi yang telah dianalisis dan diinterprensentasikan, selanjutnya secara bersama menentukan rencana pembelajaran berikutnya, termasuk kepala sekolah memberikan dorongan moral bahwa pendidik mampu memperbaiki kekurangannya.

Keywords


Supervisi Klinis, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2014). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta

Someren, V., Maarten, W. Y. F. B., & Jacobijn A.C.S. (1994). The Think Aloud Method: A Pratical Guide to Modelling Cognitive Processes. London: Academic Press.

Arismunandar, N., & Ardiansyah, M. (2018). Manajemen Kepala Sekolah Pengembangan Model Kebijakan Pengangkatan Kepala Sekolah Berbasis Hasil Penelitian. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Arrosit, A. M. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus di MA Maarif Al-Falah grayun Ponogoro) (Tesis). Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Ponorogo.

Asmendri. (2012). Teori dan Aplikasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Sekolah/Madrasah. Batu Sangkar: STAIN Batu Sangkar Press

Akhmad. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. Jurnal Parameter, 7(1), 45-52

Agustina, B., & Raharjo. (2024). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Edunomika. 8(1), 112-119

Bahri, S. (2014). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Visipena, 5(1), 100-112.

Beni. (2016). Konsep dan Analisis: Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi Daerah. Jayapura: Taushia.

Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Fathurrohman & Suryana. (2011). Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refiko Aditama

Hamzah, B. U., & Nina, L. (2018). Tugas Guru dalam Pembelajaran, Aspek yang Mempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI

Husna. (2023). Efektivitas Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 321-330

Juni, P. D., & Rismi, S. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Nola, R. (2019). Supervisi Akademik. Bandung: Alfabeta

Masaong. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta

Mardiasmo. (2017). Perpajakan Edisi Terbaru. Andi: Bandung.

Munawar, M., & Jalaluddin, J. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 3 Bireuen. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(2), 14-21. https://doi.org/10.56806/jh.v2i2.14

Nasution, L., Suparmin, S., & Siregar, G. T. 2020. Supervisi Akademik Pengawas (Teori dan Aplikasi Melalui Mutu Pendidikan). Medan: CV. Sentosa Deli Mandiri

Moleong. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Priansa & Karwati. (2015). Manajemen Kelas. Bandung. Alfbeta.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sari. (2022). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(1), 19-32

Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Santos, R. D., Rusdarti, & Mulyono, S. E. (2020). The Effect of Academic Supervision and Principal's Leadership on Teacher Performance through Work Motivation in SD Negeri Tasifeto Barat Belu District, East Nusa Tenggara. Educational Management, 9(1), 25-33.

Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz. Media

Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah & Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia,

Sugiyono, H. W., & Masrukan. (2019). Developing Academic Supervision Model Assisted by The Information System Management on Geography Teachers of Senior High School in Pekalongan Regency. Educational Management, 8(1), 88-96

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, A, J., Indadihayati, W., Watunglawar, B., Suradi, M, & Sugiyanto, R. (2021). Supervisi Pendidikan. Riau: Dotplus Publisher

Taylor, E. S., & Tyler, J. H. (2012). The Effect of Evaluation on Teachers Performance. American: Economic Review.

Usman. (2010). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan. (2016). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient.Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 42-58. http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.1.3278.42-57




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v12i1,%20April.2471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.