IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU UPTD SD NEGERI 21 BIREUEN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. (2014). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta
Someren, V., Maarten, W. Y. F. B., & Jacobijn A.C.S. (1994). The Think Aloud Method: A Pratical Guide to Modelling Cognitive Processes. London: Academic Press.
Arismunandar, N., & Ardiansyah, M. (2018). Manajemen Kepala Sekolah Pengembangan Model Kebijakan Pengangkatan Kepala Sekolah Berbasis Hasil Penelitian. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Arrosit, A. M. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus di MA Maarif Al-Falah grayun Ponogoro) (Tesis). Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Ponorogo.
Asmendri. (2012). Teori dan Aplikasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Sekolah/Madrasah. Batu Sangkar: STAIN Batu Sangkar Press
Akhmad. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. Jurnal Parameter, 7(1), 45-52
Agustina, B., & Raharjo. (2024). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Edunomika. 8(1), 112-119
Bahri, S. (2014). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Visipena, 5(1), 100-112.
Beni. (2016). Konsep dan Analisis: Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi Daerah. Jayapura: Taushia.
Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Fathurrohman & Suryana. (2011). Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refiko Aditama
Hamzah, B. U., & Nina, L. (2018). Tugas Guru dalam Pembelajaran, Aspek yang Mempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI
Husna. (2023). Efektivitas Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 321-330
Juni, P. D., & Rismi, S. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta
Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Nola, R. (2019). Supervisi Akademik. Bandung: Alfabeta
Masaong. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta
Mardiasmo. (2017). Perpajakan Edisi Terbaru. Andi: Bandung.
Munawar, M., & Jalaluddin, J. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 3 Bireuen. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(2), 14-21. https://doi.org/10.56806/jh.v2i2.14
Nasution, L., Suparmin, S., & Siregar, G. T. 2020. Supervisi Akademik Pengawas (Teori dan Aplikasi Melalui Mutu Pendidikan). Medan: CV. Sentosa Deli Mandiri
Moleong. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Priansa & Karwati. (2015). Manajemen Kelas. Bandung. Alfbeta.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sari. (2022). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(1), 19-32
Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Santos, R. D., Rusdarti, & Mulyono, S. E. (2020). The Effect of Academic Supervision and Principal's Leadership on Teacher Performance through Work Motivation in SD Negeri Tasifeto Barat Belu District, East Nusa Tenggara. Educational Management, 9(1), 25-33.
Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz. Media
Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah & Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia,
Sugiyono, H. W., & Masrukan. (2019). Developing Academic Supervision Model Assisted by The Information System Management on Geography Teachers of Senior High School in Pekalongan Regency. Educational Management, 8(1), 88-96
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini, A, J., Indadihayati, W., Watunglawar, B., Suradi, M, & Sugiyanto, R. (2021). Supervisi Pendidikan. Riau: Dotplus Publisher
Taylor, E. S., & Tyler, J. H. (2012). The Effect of Evaluation on Teachers Performance. American: Economic Review.
Usman. (2010). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan. (2016). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient.Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 42-58. http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.1.3278.42-57
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v12i1,%20April.2471
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.