PENGARUH ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SDN TUGU JEBRES
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai media belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Tugu Jebres tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tugu Jebres Surakarta dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode pre-eksperimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 26 anak. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDN Tugu Jebres Surakarta yang berjumlah 26 anak. Data dikumpulkan dengan memberikan tes berupa soal pilihan ganda yang sebelumnya dilakukan uji validitas sebanyak 40 butir soal yang diuji cobakan, terdapat 22 soal  yang dinyatakan valid dan 18 soal invalid. Didapatkan nilai rtabel 0.388, uji reliabilitas sebesar 0.836, uji daya beda soal terdapat 12 kategori jelek, 8 sangat jelek, 6 kategori baik, 1 sangat baik dan 13 kategori cukup, sedangkan dari uji taraf kesukaran didapatkan hasil 32 mudah dan 8 sedang. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai media belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Tugu Jebres tahun pelajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chatarina, F., Prasetya, R., & Irawan, A. (2020). Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak sebagai Teknik Belajar Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(0), 144-50.
http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1555.
Elfi, R. (2022). Etnomatematika dan Permainan Tradisional dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 81-94.
Matulessy, A., Ismawati, & Muhid, A. (2022). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa: Literature Review. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 13(1), 165-178.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13 (1), 116-152.
Nurazizah, K. (2023). Etnomatematika: Meningkatkan Minat dan Pemahaman Matematika Melalui Media Permainan Congklak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 138-147.
Ruswana, A. M. & Zamnah, L. N. (2023). Pengenalan Ethnomatematika kepada Anak-Anak. Journal of Community Service (JCOS), 1(2), 1-6.
Sahrunayanti., Dema, M., & Wahyuningsih. (2023). Pemanfaatan Media Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 3(2), 433-446. https://doi.org/10.54082/jupin.182.
Santi, S, H., Suryanti, H. S., & Prihastari, E. B. (2023). Efektivitas Metode Permainan Berbantuan Media Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 Materi Penjumlahan dan Pengurangan SD Negeri Gandekan Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 800-806.
Sumarsaid, R., Ibrahim, L., & Yani, M. (2020). Penerapan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(2), 128-143.
Wikan, D. A, & Danang, S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Daerah Kaliwungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2): 348-360. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2151.
Yani. M., Authary. N., Nazariah, & Azkia. A. (2022). Pengaruh Crossword Puzzle Matematika terhadap Kemampuan Pemahaman dan Habits of Mind Matematis Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 7 (2), halaman (115-126)
Zulfa, O. N., Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. (2023). Pemanfaatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Senggrong. Journal on Education, 5(4), 894-908.
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v11i2,%20Oktober.2189
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.