PENGGUNAAN TEKNIK KURSI KOSONG UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KORBAN BULLYING

Fakhri Fakhri, Nadia Nadia, Muliawati Muliawati, Muhammad Asri

Abstract


Fenomena siswa korban bullying, umumnya terindikasi pada kondisi psikologi berupa tingginya perasaan cemas, ketakutan irrasional, assertif rendah, dan rendahnya daya melindungi hak-hak pribadinya. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan perilaku asertif pada siswa korban bullying sebagai hasil dari perlakuan (treatment) melalui teknik kursi kosong dalam altar bimbingan dan konseling. Penelitian kuantitatif-eksperimental ini menggunakan rancangan one group pre-test - post- test design. Data hasil pengamatan juga dikumpulkan untuk saling mendukung kajian secara kuantitatif. Sasaran perlakuan ditujukan bagi subjek memiliki perilaku asertif rendah akibat bullying.  Data dikumpulkan melalui pretest, konseling sesi pertama, konseling sesi kedua, dan post-test. Hasil pengolahan dan analisis data melaporkan bahwa adanya perbedaan skor nilai rata-rata pretest dan post-test yaitu dari 73,50 menjadi 90,50 dengan Gain 17,00 dan N-Gain 64,80 dalam kategori’ Sedang”. Kajian ini menyimpulkan bahwa penggunaan konseling kelompok dengan teknik kursi kosong dapat meningkatkan perilaku assertif siswa korban bullying.

Keywords


Teknik Kursi Kosong, Perilaku Asertif, Korban Bullying, Konseling Kelompok

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Brownell, P. (2010). Gestalt Therapy: A Guide to Contemporary Practice. USA: Springer Publishing Company.

Corey, G. (2001) Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi, Bandung: PT ERESCO

Darminto, E. (2010). Teori-teori Konseling, Surabaya: Anggota IKAPI.

Dayakisni, T & Novalia. (2013). ‘’Perilaku Asertif dan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying’’. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 1(2): 56-63

Elliot, S. N. et all. (2000). Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Singapore, Mc Graw-Hill Book.

Elvi, A & Liza, M. (2005). Perbedaan Asertivitas Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Psikologia: Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi. 4(2): 68-74

Fogarty, M., Bhar., S., Theiler., & O’sea, L. (2016). What do Gestalt therapist do in the clinic? The expert consensus. British Gestalt, 25(1), 32-41. https://doi.org/10.3917/cges. 037.0138.

Hanapi, T. N. (2021) Teknik Kursi Kosong: Terapi Gestalt untuk Mengurangi Perasaan Marah Remaja kepada Ayah. PROCEDIA Studi Kasus dan Intervensi Psikologi. 9(3): 88–93 DOI:10.22219/procedia.v9i3.16327

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Les, P. (2009). “Bullied Teacher Bullied Student: Guru dan Siswa yang Terintimidasi, Jakarta: PT Grasindo

Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika.

Santrock, J. W. (2003). Perkembangan Remaja. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S.W. (2011). Psikologi Remaja. Edisi revisi. Bandung: Rajawali Press.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta:Kencana.

Stiles, A. (2006). Parenting needs, & goals, & strategies of adolescent mothers. MCN The American Journal of Maternal Child Nursing, 30(5), 327-333. https://doi.org/10. 1097/00005721-200509000-00011.

Sugiono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendeketan Kuantitatif, Kualitiatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2013). Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2013). Metode Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers.

Trijayanti, Y. W., & Juntika. (2018). Gestalt Counseling with Empty Chair Technique to Reduce Guilt among Adolescents at Risk. Islamic Guidance And Counseling Journal, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.25217/igcj.v2i1.302.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.2166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.