Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di SD Negeri 1 Gobras
Abstract
Dalam karya tulis ini, dibahas mengenai peran guru dalam membangun kurikulum merdeka di sekolah dasar. Kurikulum adalah sistem rencana dan pengaturan bahan pendidikan yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Seorang guru adalah seorang pendidik yang berperan penting dalam proses pengajaran dan harus mampu menerapkan kurikulum di sekolah. Karya tulis ini mengkaji peran guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dan menekankan pentingnya peran mereka dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aktif dan berhasil. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang bagaimana pendidik berkontribusi dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang sejalan dengan prinsip-prinsip pendidikan merdeka dengan menganalisis keterlibatan guru dalam pembuatan kurikulum. Penemuan penelitian menegaskan peran penting guru dalam menjamin pelaksanaan yang berhasil dari kurikulum merdeka di tingkat sekolah dasar, menekankan pengaruh mereka terhadap pengalaman belajar siswa dan hasil akademik secara keseluruhan. Peran guru dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka dibahas dalam karya tulis ini. Untuk mendapatkan informasi yang akan diteliti dalam karya tulis ini, penulis menggunakan studi pustaka atau penelusuran pustaka dari berbagai buku, artikel, dan penelitian. Penulis menemukan bahwa guru dan pengembangan kurikulum adalah peran penting.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Hamrullah, H., Fuad, M. Z., & Prabowo, M. Y. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka : Era Digitalisasi. Seminar Nasional (PROSPEK II), 2(2), 109–118.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Nashrullah, M., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, N., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). In Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7
Pendidikan, J., Sosial, I., Kartini, A., & Hidayah, N. (2024). Peran Guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Seni di Kelas V SDN 044 Cicadas Awigombong. 2(1), 17–23. https://doi.org/10.26418/jdn.v2i1.75020
Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3041–3052. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095
Utami, Y. (2022). Penguatan Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogy, 21, 43–50.
Widodo, T., Samad, D., Kosim, M., Fajri, S., & Fauzani Duski, F. (2021). Merdeka belajar from the perspective of family education. 6, 1–6. https://doi.org/10.32698/icftk390
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v11i2,%20Oktober.2110
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.








