URGENITAS PENDIDIKAN PRAMUKA TERHADAP KARAKTER ANAK DIDIK

Zahara Mustika

Abstract


Kegiatan pramuka di lembaga pendidikan memiliki dampak positif terhadap karakter dan keterampilan siswa, karena diketahui dapat menunjang kehidupan sosial untuk menumbuhkan kecakapan hidup dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pentingnya pendidikan pramuka dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, kuesioner, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pramuka berpengaruh terhadap karakter siswa, khususnya kecapakan hidup sosial dari hasil uji F dan uji T. Pendidikan pramuka juga berpengaruh secara positif terhadap kecapakan hidup sosial siswa. Sehingga, hal ini menunjukkan bahwa penting pendidikan pramuka diadakan di sekolah untuk dapat meningkatkan kecakapan hidup sosial siswa.

Keywords


Pendidikan Pramuka, Kecakapan Hidup Sosial

Full Text:

PDF

References


Amalia, N., Taqiyudin, & Salim, N. (2023). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon. JIEM, 7(1), 18-27.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta,

Azwar, A. (2009). Gerakan Pramuka: Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Jakarta: Tunas Media.

Bali, M. M. E. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik, 4(2), 211-227.

Budi. (2020). Pendidikan Pramuka. Medan: Pusdikra Mitra Jaya.

Fuadi. (2022). Implementasi Humanisme terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Cyberculture. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(1), 43-49

Gunawan, M. A., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., & Danim, S. (2022). The Role of Scouting Extracurricular in Developing the Attitude of Students’. BIRCI-Journal, 5(2), 14206-14217.

Jaman, J. (2018). Pendidikan Karakter (Implementasi oleh Guru, Kurikulum, dan Sumber Daya Pendidikan. Jawa Barat: Jejak.

Novan, A. A. (2018). Pendidikan Karakter dan Kepramukaan. Yogyakarta: Citra Aji Parama.

Ponto, J. (2015). Understanding and Evaluating Survey Research. Journal of the Advanced Practitioner in Oncology, 6(2), 168–171.

Pramuka. (2023). Tanda Kecakapan dalam Gerakan Pramuka. https://www.pramukaria.id/. Diakses tanggal 27 Oktober 2023.

Rahmayani, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3) 475–480.

Redondo, P.V.T. (2016). Purposive Sampling in the Analysis of Count Data. The Philippine Statistician, 65(1), 41-52.

Sukiyat. (2020). Pendidkan Kepramukaan Berbasis Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Media Publishing.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v11i1,%20April.1839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.