PEMBELAJARAN MODUL DIAGRAM ROUNDHOUSE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, G. P. (2009). Meningkatkan Kualitas Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Banjar melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. http://www.putradnyana-ptk.blogspot.com/2010/01/pembelajaran-biologi-berbasis-masalah-html.
Archambault, J. T. B., M, C., & A, M. (2008). The Effects of Developing Kinematics Concept Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Natural Science, 2(1), 104-115.
Chritiyoda, S. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Inkuiri, 5(1), 74-84.
Kurniawan, R. A. & Rafiatul, H. (2022). Pengembangan Game Quarted Card pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP/MTs. Journal of Biology Education, 4(2), 30-42.
Kusumaningrum, E. (2015). Implementasi Strategi Belajar Diagram Roundhouse melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Materi Daur Biogeokimia. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(3), 972-977.
Laila, P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Metakognisi dan Afektif pada Konsep Sistem Sirkulasi Kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Biosfer Tadris Pendidikan Biologi, 8(1), 75-82.
Masrinur. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Diagram Roundhouse serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Interaksi Makhluk Hidup di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Edu Bio Tropika, 6(1), 10-18.
Moon, J. (2008). Critical Thingking: An Exploration of Theory and Practice. Oxford: Routledge.
Nuraini, N. (2014). Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict, Observe, and Explain) disertai Roundhouse Diagram untuk Memberdayakan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Bioedukasi, 7(1), 37-43.
Rifa’i, M. R. K. R. A., & Hasanah, R. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan Aplikasi Plantnet Pada Mata Kuliah Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 29-37.
Sexton, T. (2013). Develop Analytical & Critical Thinking. E-book of a Guide to Developing Analytical & Critical Thinking While You Work. New York: Wise Leader Group Ltd.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Setyowati, T. (2019). Evaluasi Perangkat Pembelajaran IPA SMP Topik Klasifikasi Makhluk Hidup Menggunakan Model Inkuiri. Jurnal Biologi Inovasi Edukasi, 1(1), 8-14.
Walid, A. (2019). Thinking Skills Analysis and Attitudes Caring for Body Health in Biological Learning Using the Brain Based Learning Model Accompanied by Roundhouse Diagram Techniques (In the Body Defense System Material). Prosiding International Seminar on Islamic Studies (hal. 147-153). IAIN Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Ward, R. (2002). Struggling to Understand Abstract Science Topics: A Roundhouse Diagram-Based Study. International Journal of Science Education, 24(6), 575-591.
Wibowo, Y. (2012). Pengaruh Pembelajaran Diagram Roundhouse terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMAN 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 39-49
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.