PEMBELAJARAN MODUL DIAGRAM ROUNDHOUSE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Fatemah Rosma

Abstract


Kurangnya media pembelajaran yang kreatif pada materi klasifikasi makluk hidup membuat peserta didik kurang berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah yang berhubungan langsung dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat penggunaan modul diagram roundhouse dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimental research melalui desain pre-experimental berupa One-Shot Case Study. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan sekolah sehingga dipilih kelas dengan kemampuan sedang yaitu berjumlah 30 peserta didik. Instrumen penelitian berupa modul diagram roundhouse untuk melihat pemahaman kognitif peserta didik dan pengumpulan data untuk variabel keterampilang berpikir kritis dilakukan dengan teknik tes dengan menggunakan lembar berpikir kritis berupa 20 pertanyaan yang diberikan pada akhir pembelajaran. Analisis data menggunakan uji one sample ttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul diagram roundhouse memberikan dampak yang sangat baik bagi peserta didik dengan nilai thitung sebesar (2,358). Sedangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran dengan menggunakan modul diagram roundhouse dengan nilai thitung sebesar (2,427), sehingga memberikan dampak yang baik bagi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi  klasifikasi makhluk hidup di MAS Babun Najah Banda Aceh.

Keywords


Modul Diagram Roundhouse, Keterampilan Berpikir Kritis, Klasifikasi Makhluk Hidup

Full Text:

PDF

References


Adnyana, G. P. (2009). Meningkatkan Kualitas Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Banjar melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. http://www.putradnyana-ptk.blogspot.com/2010/01/pembelajaran-biologi-berbasis-masalah-html.

Archambault, J. T. B., M, C., & A, M. (2008). The Effects of Developing Kinematics Concept Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Natural Science, 2(1), 104-115.

Chritiyoda, S. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Inkuiri, 5(1), 74-84.

Kurniawan, R. A. & Rafiatul, H. (2022). Pengembangan Game Quarted Card pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP/MTs. Journal of Biology Education, 4(2), 30-42.

Kusumaningrum, E. (2015). Implementasi Strategi Belajar Diagram Roundhouse melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Materi Daur Biogeokimia. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(3), 972-977.

Laila, P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Metakognisi dan Afektif pada Konsep Sistem Sirkulasi Kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Biosfer Tadris Pendidikan Biologi, 8(1), 75-82.

Masrinur. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Diagram Roundhouse serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Interaksi Makhluk Hidup di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Edu Bio Tropika, 6(1), 10-18.

Moon, J. (2008). Critical Thingking: An Exploration of Theory and Practice. Oxford: Routledge.

Nuraini, N. (2014). Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict, Observe, and Explain) disertai Roundhouse Diagram untuk Memberdayakan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Bioedukasi, 7(1), 37-43.

Rifa’i, M. R. K. R. A., & Hasanah, R. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan Aplikasi Plantnet Pada Mata Kuliah Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 29-37.

Sexton, T. (2013). Develop Analytical & Critical Thinking. E-book of a Guide to Developing Analytical & Critical Thinking While You Work. New York: Wise Leader Group Ltd.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setyowati, T. (2019). Evaluasi Perangkat Pembelajaran IPA SMP Topik Klasifikasi Makhluk Hidup Menggunakan Model Inkuiri. Jurnal Biologi Inovasi Edukasi, 1(1), 8-14.

Walid, A. (2019). Thinking Skills Analysis and Attitudes Caring for Body Health in Biological Learning Using the Brain Based Learning Model Accompanied by Roundhouse Diagram Techniques (In the Body Defense System Material). Prosiding International Seminar on Islamic Studies (hal. 147-153). IAIN Bengkulu: IAIN Bengkulu.

Ward, R. (2002). Struggling to Understand Abstract Science Topics: A Roundhouse Diagram-Based Study. International Journal of Science Education, 24(6), 575-591.

Wibowo, Y. (2012). Pengaruh Pembelajaran Diagram Roundhouse terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMAN 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 39-49




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.