MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DI SMP NEGERI 15 BANDA ACEH

Husna Husna

Abstract


Proses pembelajaran IPA pada konsep klasifikasi makhluhk hidup di SMP Negeri 15 Banda Aceh belum memperoleh hasil yang memuaskan, dengan nilai rata-rata pada tahun lalu hanya mencapai 59. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep klasifikasi makhluk hidup melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI di kelas VII SMP Negeri 15 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 15 Banda Aceh yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Indiaktor keberhasilannya ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu apabila sekurang-kurangnya 80% hasil belajar siswa sudah mencapai sekurang-kurangnya 65. Pada siklus-I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 65, siswa yang tuntas sebanyak 13 (54,16%) dan yang tidak tuntas sebanyak 11 (45,84%) dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40. Pada siklus I untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan, tetapi untuk persentasi ketuntasan masih dibawah indikator yang ditetapkan. Pada siklus-II rata-rata hasil belajar siswa mencapai 81,45% dengan siswa yang tuntas sebanyak 21 (87,5%) dan yang tidak tuntas 3 (12,5%) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65. Pada siklus II hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Akibatnya dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Banda Aceh pada konsep klasifikasi makhluk hidup. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada konsep klasifikasi mahkluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa.MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DI SMP NEGERI 15 BANDA ACEH

Keywords


Hasi Belajar, Cooperative Learning Tipe TAI, Klasifikasi Makhluk Hidup

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 1-14

Huda. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isa, M., Khaldun, I., & Halim, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrokarbon. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2), 213-223

Saleha, W. O., Jahidin, & Darlian, L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Parigi pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal AMPIBI, 1(1), 42-49

Soeparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme. Yogyakarta: Kanisius

Sugiharti, E. W., Hibana, & Surahman, S. (2021). Analisis Model Pembelajaran Klasikal terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini di RA Darussaadah Tulungagung. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(2), 197-208

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i2,%20Oktober.1758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.