PENERAPAN FILSAFAT PENDIDIKAN OLEH TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR

Rahmi Hayati, Marzuki Marzuki, Fachrurazi Fachrurazi, Asrul Karim, Siti Habsari Pratiwi, Rosmala Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada tenaga pendidik akan pentingnya memahami kajian filsafat pendidikan yang penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan studi literature dengan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. Hasil penelitian adalah guru dapat memperoleh informasi berharga untuk meningkatkan praktek mengajar mereka sendiri dari karya filsafat pendidikan atau "filsafat." Guru lebih mampu melakukan pekerjaan mereka dan merencanakan pelajaran dengan bantuan filosofi pendidikan. Filsafat berkaitan erat dengan segala sesuatu yang dapat dipikirkan manusia, bahkan tidak pernah habis karena mengandung dua kemungkinan, yaitu proses berpikir dan hasil berpikir. Filsafat pendidikan adalah filsafat yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan. Filsafat akan menentukan mau dibawa kemana siswa kita. Filsafat merupakan perangkat nilai-nilai yang melandasi dan membimbing ke arah pencapaian tujuan pendidikan. Filsafat dalam pendidikan bukan hanya menjelaskan apa yang ingin pendidik lakukan di dalam kelas dalam membantu pembelajaran, namun lebih menekankan kepada mengapa pendidik melakukannya dan bagaimana cara kerja proses pembelajarannya.

Keywords


Filsafat Pendidikan, Tenaga Pendidik

Full Text:

PDF

References


Anugrah, M. N., & Radiana, U. (2022). Filsafat Rasionalisme Sebagai Dasar Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 182187.

Colgan, A. D. (2020). The Epistemology Behind the Educational Philosophy of Montessori: Senses, Concepts, and Choice. Philosophical Inquiry in Education, 23(2), 125140. https://doi.org/10.7202/1070459ar

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy). Istiqra, 1(2), 129136.

Firdaus, F. (2020). Manusia dan Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam (Sebuah Kajian Aksiologis). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 106115. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5768

Hamka, H. (2019). Filsafat Pendidikan. In Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan (Vol. 13, Issue 1). https://doi.org/10.36421/veritas.v13i1.255

Hayati, R. (2019). Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Trigonometri. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 44. https://doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5142

Hayati, R., Apriani, W., Zuraini, Z., & Isralidin, I. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(1, April), 1732.

Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 15491558. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534

Hayati, R., Fachrurazi, F., Asrul, K., & Marzuki, M. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Journal of Elemantary School, 5(Oktober), 621629. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1558

Hendayani, S. (2020). Dampak Pembelajaran Filsafat Bagi Pendidikan dan Pembelajaran Di Indonesia. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 11, 1226.

Hodgson, N. (2018). Education and the Love for the World: articulating a post-critical educational philosophy. 16(june), 720.

Khairani Pohan, L., Andriani, N., Ulfah, N., & Arila, R. (2022). Eksistensialisme dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Ikatan Alumni Dan Konseling Islam (IKA BKI), 4(1), 29-40.

Lubis, S. F. E. (2022). Analisis Kesulitas Belajar Siswa dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 6(2), 353364.

Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613

Maslakhah, S. (2019). Penerapan Metode Learning By Doing Sebagai Implementasi Filsafat Pragmatisme dalam Mata Kuliah Linguistik Historis Komparatif. Diksi, 27(2), 159167. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i2.23098

Muammar, M. A. (2017). Perenialisme Pendidikan. Nur El-Islam, 1(2), 1528. https://www.neliti.com/id/publications/226440/perenialisme-pendidikan-analisis-konsep-filsafat-perenial-dan-aplikasinya-dalam

Riyadi, A., & Sukma, H. V. (2019). Konsep Rasionalisme Rene Descartes dan Relevasinya Dalam Pengembangan Ilmu Dakwah. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 11(2). https://doi.org/10.34001/an.v11i2.1026

Rusdi. (2013). Filsafat Idealisme (Implikasinya dalam Pendidikan). Jurnal Dinamika Ilmu, 13(2), 291306. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.70

Syarif, M. (2021). Naturalisme (Pemikiran Alamiyah Materialistik dan Pluralistik Pendidikan). Jurnal Tarbiyatul Aulad, 97112. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/4684

Zubainur, C. M., Johar, R., Hayati, R., & Ikhsan, M. (2020). Teachers Understanding About The Characteristics of Realistic Mathematics Education. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(3), 456462. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i3.8458




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.