PENERAPAN FILSAFAT PENDIDIKAN OLEH TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrah, M. N., & Radiana, U. (2022). Filsafat Rasionalisme Sebagai Dasar Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 182187.
Colgan, A. D. (2020). The Epistemology Behind the Educational Philosophy of Montessori: Senses, Concepts, and Choice. Philosophical Inquiry in Education, 23(2), 125140. https://doi.org/10.7202/1070459ar
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy). Istiqra, 1(2), 129136.
Firdaus, F. (2020). Manusia dan Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam (Sebuah Kajian Aksiologis). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 106115. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5768
Hamka, H. (2019). Filsafat Pendidikan. In Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan (Vol. 13, Issue 1). https://doi.org/10.36421/veritas.v13i1.255
Hayati, R. (2019). Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Trigonometri. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 44. https://doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5142
Hayati, R., Apriani, W., Zuraini, Z., & Isralidin, I. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(1, April), 1732.
Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 15491558. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534
Hayati, R., Fachrurazi, F., Asrul, K., & Marzuki, M. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Journal of Elemantary School, 5(Oktober), 621629. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1558
Hendayani, S. (2020). Dampak Pembelajaran Filsafat Bagi Pendidikan dan Pembelajaran Di Indonesia. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 11, 1226.
Hodgson, N. (2018). Education and the Love for the World: articulating a post-critical educational philosophy. 16(june), 720.
Khairani Pohan, L., Andriani, N., Ulfah, N., & Arila, R. (2022). Eksistensialisme dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Ikatan Alumni Dan Konseling Islam (IKA BKI), 4(1), 29-40.
Lubis, S. F. E. (2022). Analisis Kesulitas Belajar Siswa dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 6(2), 353364.
Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613
Maslakhah, S. (2019). Penerapan Metode Learning By Doing Sebagai Implementasi Filsafat Pragmatisme dalam Mata Kuliah Linguistik Historis Komparatif. Diksi, 27(2), 159167. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i2.23098
Muammar, M. A. (2017). Perenialisme Pendidikan. Nur El-Islam, 1(2), 1528. https://www.neliti.com/id/publications/226440/perenialisme-pendidikan-analisis-konsep-filsafat-perenial-dan-aplikasinya-dalam
Riyadi, A., & Sukma, H. V. (2019). Konsep Rasionalisme Rene Descartes dan Relevasinya Dalam Pengembangan Ilmu Dakwah. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 11(2). https://doi.org/10.34001/an.v11i2.1026
Rusdi. (2013). Filsafat Idealisme (Implikasinya dalam Pendidikan). Jurnal Dinamika Ilmu, 13(2), 291306. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.70
Syarif, M. (2021). Naturalisme (Pemikiran Alamiyah Materialistik dan Pluralistik Pendidikan). Jurnal Tarbiyatul Aulad, 97112. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/4684
Zubainur, C. M., Johar, R., Hayati, R., & Ikhsan, M. (2020). Teachers Understanding About The Characteristics of Realistic Mathematics Education. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(3), 456462. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i3.8458
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1702
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.