DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PSIKOLOGIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPS MUHAMMADIYAH 1 MEDAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Nabila Kyosifa, Kms. Muhammad Amin Fauzi

Abstract


Pandemi Covid-19 telah berdampak pada bidang pendidikan, salah satunya dengan adanya pembelajaran daring. Pembelajaran daring ini juga berdampak pada psikologi dan hasil belajar siswa yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran daring terhadap psikologis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di masa pandemi covid19. Subjek pada penelitian ini adalah siswa di kelas VII T3 SMPS Muhammadiyah 1 Medan tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 35 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data psikologis siswa dan tes untuk memperoleh hasil belajar matematika siswa serta wawancara untuk memperoleh data yang berhubungan dengan psikologis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika secara daring. Selanjutnya data dianalisis dengan skala Likert, persentase, dan indikator kognitif. Hasil penelitian menunjukan bahwa psikologis siswa kelas VII SMPS Muhammadiyah 1 Medan saat pembelajaran matematika secara daring berada pada kategori tinggi pada empat indicator, yaitu emosi, keyakinan dan skema diri, minat, dan motivasi. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VII SMPS Muhammadiyah 1 Medan saat pembelajaran matematika secara daring berada pada kategori sangat tinggi.


Keywords


Psikologis, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Aspers, P. & Ugo, C. (2019). What is Qualitative in Qualitative Research. Journal Qualitative Sociology. 42(1), 139160

Cahyani, A, et al. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. 3(1), 123140

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of Covid-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems. 49(1), 522

DS Nur, Y., Harmawati., & Samrodi, A. C. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(2), 230-235

Dwi. Et al. (2021). Kondisi Psikologis Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 5(1), 5165

Ferazona, S. & Suryanti. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry. 2(2), 102110

Hikmah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Jurnal Pendas Mahakam. 1(1), 80 85

Khaatimah, H. & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading dnd Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2(2), 76 87

Kamaludin, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi untuk Mengingkatkannya. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika UNY. 455- 460

Kemendikbud. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester II : Buku Siswa. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Lin, et al. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education. 13(7), 3553 3564

Nambiar, D. (2020). The impact of online learning during Covid-19: students and teachers perspective. The International Journal of Indian Psychology, 8(2), 783793

Rozaini, N. & Anti, S. D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Niagawan. 6(2), 54-59

Sabran, S. & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional LP2M UNM. 122-125

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144159

Siregar, N. (2017). Psikologi dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan. 2(1), 7082

Sofyana, L. & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 8(1), 81-86

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susilawati, N., Ruliani., & Rosemary, R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid 19. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(1), 1-17

Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp?. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 125.

Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Hasil Penelitian. 6(2), 1 8

Yazid, Hendri dan Neviyarni. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Psikologis Siswa Akibat Covid-19. Jurnal Human Care. 6(1), 207 213

Wibawa, I. S., (2013). Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa yang Mengikuti Ekstrakulikuler Olahraga dan yang Tidak Mengikuti Ekstrakulikuler Olahraga Di SMK PGRI Sentolo. Unpublished Thesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarya.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.