PEMBELAJARAN KONSEP PECAHAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SMP BANDA ACEH

Nazariah Nazariah, Fitriyasni Fitriyasni, Muhammad Yani, Ilham Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktifitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media komik melalui pendekatan matematika realistik pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian tindakan kelas yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Ibnu Khaldun Banda Aceh. Selanjutnya data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket yang dianalisis dengan menggunakan persentase dan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa secara klasikal 86,8% tuntas; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada materi operasi penjumlahan pecahan dalam katagori aktif; (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik; dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada materi operasi penjumlahan pecahan dalam kategori sangat baik.


Keywords


Pecahan, Media Komik, Pendekatan Matematika Realistik

Full Text:

PDF

References


Hudodjo, H. (2005). Strategi Belajar Mangajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Hadi, S. (2005). Pembelajaran Konsep Pecahan Menggunakan Media Komik dengan Strategi Bermain Peran pada Siswa SD Kelas IV Semen Gresik. Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik.

Leong, K. E. (2013). Factors that Influence the Understanding of Good Mathematics

Teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 9(3), 319328. https://doi.org/10.12973/eurasia.2013.939a.

Lilis, A., Duskri, M., & Yani, M. (2022). Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(1), 111-120.

Moleong. (2001). Metodologi Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, N. (2006). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Univeristas Terbuka.

Pardhan, H., & Mohammad, R. F. (2005). Teaching Science and Mathematics for Conceptual Understanding? A Rising Issue. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 1(1), 120. https://doi.org/10.12973/ejmste/74658.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Negara, H. S. (2014). Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 250259. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i2.1319.

Sembiring. (2014). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Journal On Mathematics Education, 1(1), 11-16.

Sugiono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Sukardi. (2003). Metode Penelitian Pendidikan Kopetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syahwela, M. (2020). Pengembangan Media Komik Matematika SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 534-547.

Wahyuningsih, A. N. (2011). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal JPP, 1(2), 102-110.

Yezita, E., Rosha, M., & Yerizon. (2012). Mengkonstruksi Pengetahuan Siswa Pada Materi Segitiga dan Segiempat Menggunakan Bahan Ajar Interaktif Matematika Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 54-59.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.