PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYEBUTAN MAKHARIJ AL-HURUF DAN MENGHAFAL AL- QUR`AN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI READING ALOUD PADA KELAS III MIN ACEH SELATAN

Basidin Mizal, Tathahira Tathahira, Rayhan Izzati Basith

Abstract


Al-Quran merupakan kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan dijadikan pedoman hidup bagi seluruh umat Islam. Al-Quran hendaknya dibaca dan diamalkan isinya. Untuk bacaannya sendiri harus berdasarkan kaidah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan salah satu strategi, yaitu reading aloud dalam meningkatkan kemampuan penyebutan atau pelafalan Makharij Al-huruf dan kemampuan mengingat bacaan Al-Quran. Penelitian ini dilakukan di MIN 7 dan MIN 8 yang berlokasi di Kabupaten Aceh Selatan. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa-siswi kelas III yang telah mempelajari mata pelajaran Al-Quran dan Hadits. Peneliti menggunakan beberapa Teknik pengumpulan data, seperti observasi, wawancara, pre-test dan post-test. Data dari pre-test dan post-test selanjutnya dianalisis dengan cara membandingkan nilai rata-rata dari kedua tes. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penyebutan Makharij Al-Huruf dan kemampuan membaca Al-Quran siswa MIN 7 dan MIN 8 Aceh Selatan menggunakan strategi reading aloud, di mana nilai rata-rata awal pada saat pre-test, yaitu 70,09 meningkat menjadi 72,25 pada saat post-test. Selain itu, strategi reading aloud juga mampu menuntun siswa mengembangkan kemampuan siswa ke dalam tiga ranah, yaitu ranah kognitif, psikomotorik dan afektif.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Ayuningtias, F. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Huruf Hijaiyah dengan Metode Reading Aloud pada Anak Kelompok A1 PAUD Siti Khadijah. Early Childhood Education Indonesian Journal, 1(2), 53-60.

Cresswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: SAGE Publications Ltd.

Departemen Agama Kabupaten AcehTamiang. (2009). Standar Kompetendi, Kompetensi Dasar, dan Standar Isi. Aceh Tamiang: Mapenda Departemen Agama Kabupaten Aceh Tamiang,

Departemen Agama R.I. (2002). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Bagais.

Departemen Agama R.I. (2007). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Fatmah, Z. (2014). Pengaruh Implementasi Strategi Reading Aloud Terhadap Hasil Membaca Santri Kelas Idady di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Gulen, M. F. (2011). Cahaya Al-Quran Bagi Seluruh Makhluk. Jakarta: Republika.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ismail, S. M. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan). Semarang: RaSAIL Media Group.

Lestari. (2022). Tingkatkan kemampuan membaca Al-Quran melalui strategi membaca keras. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 246-255.

Mahmud, H. (2015). Administrasi Pendidikan: Menuju Sekolah Efektif. Makasar: Aksara Timur.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mufid, M. A. (2016). Penerapan Metode Reading Aloud dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Pelajaran BTQ Kelas X di SMA Maarif NU Pandaan. Jurnal MAFHUM, 1(2), 199-218.

Sabri, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: PT. Ciutat Press.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shihab, Q. (2004). Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taqwim, U. (2011). 7,5 Jam Bisa Membaca Al-quran Metode Tsaqifa Panduan Praktis Membaca Al-quran Secara Mandiri Revolusi Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran. Solo: Nur Cahaya Ilmu.

Triana, A. W. (2022). Peningkatan kemampuan membaca Al-Quran pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Aspek Al-Quran Hadis untuk siswa kelas X TKJ 4 di SMKN 1 Badegan Ponorogo. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 781-786.

Usman, M. U. (1995). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosdakarya.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Zawawie, M. (2011). Pedoman Membaca, Mendengar dan Menghafal Al-quran, Solo: Tinta Medina.

Zulhannan. (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i2,%20Oktober.1430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.