PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA 7-12 TAHUN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING

Asmaul Husna, Rahmat Rahmat

Abstract


Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama bagi anak dalam mendapatkan pendidikan sehingga dapat membentuk motivasi, keterampilan, pengetahuan, dan menanamkan kepribadian anak dalam pendidikan. Namun demikian, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang luar biasa sehingga kegiatan di sekolah terpaksa diliburkan dan diganti dengan sistem pembelajaran daring. Orang tua menjalankan peran ganda di masa pandemi Covid-19 yaitu menjadi pendidik dan pengajar, karena sebagian besar tugas seorang guru berpindah ke orang tua. Sistem pembelajaran dengan metode daring merupakan proses pembelajaran tanpa tatap muka yang dilakukan melalui aplikasi online seperti google meet, whatsapp, dan zoom meeting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: a) peran orang tua pada pembelajaran matematika secara online/daring; dan b) kesulitan yang dialami oleh orang tua di masa pandemi Covid-19 dalam mendampingi anak usia 7-12 tahun pada pembelajaran matematika secara online/daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode objektif sebagai pengembangan dalam menilai keberhasilan belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah 30 orang tua siswa dan 30 siswa sebagai sumber data. Waktu penelitian dilaksanakan mulai awal bulan Juni-Desember 2022 yang dilakukan di SD/MI di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa peran orang tua sebagai pendidik, pengarah, motivator, dan fasilitator sangat penting dalam pembelajaran matematika dengan metode daring. Sedangkan kesulitan orang tua dalam pembelajaran matematika dengan metode daring yaitu latar belakang orang tua relatif rendah, penghasilan orang tua di bawah UMP, ketersediaan waktu orang tua dalam mendampingi anak yang singkat karena orang tua harus bekerja, dan kemampuan orang tua dalam mengoperasikan gadget/komputer/laptop/internet.

Keywords


Peran Orang Tua, Pembelajaran Matematika, Daring

Full Text:

PDF

References


Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281-288.

Dharminto. Metode Penelitian dan Penelitian Sampel. Dalam http://eprints.ums.ac.id. Diakses pada 23 Juni 2022. 11.24.

Fauzy, A. & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561.

Haerudin, dkk. (2020). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Jurnal Universitas Singaperbangsa, 7(1), 1-12.

Jamaluddin, D. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN SGD.

Khalimah, S. N. (2020). Peran orang tua Dalam Pembelajaran Daring di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 289-295.

Miles, M. B, Huberman, A. M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education, 2(1).

Novrinda, dkk. (2017). Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia PG-PAUD FKIP UNIB, 2(1).

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Purwanto, S. E. & Kurniasih, M. D. (2018). PKM pendampingan orang tua membimbing matematika anak di Jatiluhur Kota Bekasi. Jurnal SOLMA, 7(1), 120 – 126.

Rustiana, M., & Amalia, A. R. (2021). Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Janacitta: Journal Of Primary And Children’s Education 4(1), 14–17.

Satrianingrum, AP & Prasetyo. I. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, N., Ruliani., & Rosemary, R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid 19. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(1), 1-17

Valerisha, A. & Putra, M. A. (2020). Pandemi Global Covid-19 dan problematika negara-bangsa: Transparansi data sebagai vaksin socio-digital. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, DOI: https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3871.131- 137.

Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran Perempuan dalam Keluarga. Journal of

Proceedings Series, 3 (5), 61-65.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.