EFEKTIVITAS E-MODUL FISIKA BERBASIS PBL PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN ARJASA JEMBER

I Ketut Mahardika, Subiki Andayani, Dina Afkarina, Almirah Daffa Deqita, Sinthia Lolita Lorensia

Abstract


Pendidikan merupakan usaha sadar terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran agar siswa aktif mengembangkan potensi dalam dirinya. Namun, pada kenyataannya, mewujudkan proses pembelajaran bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik, salah satunya adalah kurangnya minat siswa untuk membaca materi dalam buku sehingga berdampak kurangnya pemahaman dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat disebabkan oleh tampilan buku yang terlalu monoton sehingga diperlukan penggantian ke e-modul. E-modul merupakan inovasi dari modul konvensional dengan memanfaatkan peran teknologi sehingga modul yang dibuat menjadi lebih menarik dan interkatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas e-modul fisika berbasis PBL pada materi gelombang cahaya terhadap hasil belajar siswa. E-modul dikembangkan dengan tiga tahapan, yakni pendahuluan, pengembangan, dan penilaian serta telah dinyatakan valid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pre-test dan post-test kepada 36 siswa SMAN Arjasa Jember. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa penggunaan e-modul fisika berbasis PBL pada materi gelombang cahaya cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji distribusi normal dan paired sample t-test. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi arahan bagi para guru dan tenaga pendidik lain untuk mengembangkan e-modul fisika pada materi yang lainnya.

Keywords


E-modul, Problem Based Learning, Gelombang Cahaya

Full Text:

PDF

References


Agus, I. G., S. Prasetya, I. M. A. Wirawan, J. Wisnu, & K. Marga. (2017). Pengembangan E-modul pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI dengan Model Problem Based Learning di SMK Negeri 2 Tabanan. 14(1), 96105.

Amiluddin, R. & S. Sugiman. (2016). Pengaruh Problem Posing dan PBL terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1), 100-109.

Arief, H. S., Maulana, & A. Sudin. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah. 1(1),141150.

Gunawan, K. (2004). Foto Aura & Kristal. Jakarta: Arcan.

Julianto, Suryanti, & F. Hidayati. (2019). Konsep IPA Lanjut. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Kurniawan, P. Y. (2019). Keefektifan Penggunaan Bahan Ajar Interaktif yang Berbasis Kearifan Lokal Brebes dalam Mata Kuliah Semantik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(2), 170176.

Malina, I., H. Yuliani, & N. I. Syar. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika Sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 3(1), 7080.

Nuriyah, L. & A. M. Juwono. (2017). Elektromagnetisme. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Pane, A. & M. Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 3(2), 333-339.

Pradnyana. (2021). Pembelajaran Bebasis Masalah dapat Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA. Bali: Surya Dewata (SD).

Saprudin, S., A. H. Haerullah, & F. Hamid. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Fisika: Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika. 2(2), 38-45

Setiabudi, A. A., D. Octaria, & N. F. Fuadiah. (2022). Desain E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Program Linear untuk Siswa Kelas XI SMA. Mathema Journal. 4(1), 2738.

Sidik, F. D. M. & I. Kartika. (2020). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Materi Gejala Gelombang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 11(2), 185201.

Sugiarto. (2021). Mendongkrak Hasil Belajar Matematika Menggunakan PBL Berbantuan GCA. Karanganyar: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.

Wahyuni, A. S. A. (2018). Konsepsi dan Miskonsepsi Siswa, Mahasiswa Calon Guru, dan Guru pada Topik Cahaya dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(3), 235250.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i2,%20Oktober.1383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.