EFEKTIVITAS E-MODUL FISIKA BERBASIS PBL PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN ARJASA JEMBER
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus, I. G., S. Prasetya, I. M. A. Wirawan, J. Wisnu, & K. Marga. (2017). Pengembangan E-modul pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI dengan Model Problem Based Learning di SMK Negeri 2 Tabanan. 14(1), 96105.
Amiluddin, R. & S. Sugiman. (2016). Pengaruh Problem Posing dan PBL terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1), 100-109.
Arief, H. S., Maulana, & A. Sudin. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah. 1(1),141150.
Gunawan, K. (2004). Foto Aura & Kristal. Jakarta: Arcan.
Julianto, Suryanti, & F. Hidayati. (2019). Konsep IPA Lanjut. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Kurniawan, P. Y. (2019). Keefektifan Penggunaan Bahan Ajar Interaktif yang Berbasis Kearifan Lokal Brebes dalam Mata Kuliah Semantik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(2), 170176.
Malina, I., H. Yuliani, & N. I. Syar. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika Sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 3(1), 7080.
Nuriyah, L. & A. M. Juwono. (2017). Elektromagnetisme. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Pane, A. & M. Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 3(2), 333-339.
Pradnyana. (2021). Pembelajaran Bebasis Masalah dapat Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA. Bali: Surya Dewata (SD).
Saprudin, S., A. H. Haerullah, & F. Hamid. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Fisika: Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika. 2(2), 38-45
Setiabudi, A. A., D. Octaria, & N. F. Fuadiah. (2022). Desain E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Program Linear untuk Siswa Kelas XI SMA. Mathema Journal. 4(1), 2738.
Sidik, F. D. M. & I. Kartika. (2020). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Materi Gejala Gelombang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 11(2), 185201.
Sugiarto. (2021). Mendongkrak Hasil Belajar Matematika Menggunakan PBL Berbantuan GCA. Karanganyar: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.
Wahyuni, A. S. A. (2018). Konsepsi dan Miskonsepsi Siswa, Mahasiswa Calon Guru, dan Guru pada Topik Cahaya dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(3), 235250.
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i2,%20Oktober.1383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.