PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Lilis Arini, M. Duskri, Muhammad Yani

Abstract


Beberapa faktor penyebab kemampuan berpikir kritis matematis siswa rendah diantaranya adalah kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran dan lemahnya siswa dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan argumen yang disertai bukti, sehingga berdampak pada kemampuan berpikir kritisnya. Salah satu strategi pembelajaran yang diasumsikan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis adalah strategi pembelajaran metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi metakognitif dan yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada siswa SMPN 16 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dengan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-3 kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t independent. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi metakognitif lebih baik dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMPN 16 Banda Aceh. Namun demikian, penerapan strategi metakognitif membutuhkan waktu yang lebih banyak, sehingga manajemen waktu dan kesiapan guru serta siswa dalam pembelajaran perlu dimaksimalkan sebelumnya.

Keywords


Strategi Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Full Text:

PDF

References


Annisa, C. (2015). Penerapan Strategi Metakognitif Pada Mata Kuliah Kajian Matematika SD Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1) 94-95.

Ariati, A. S., Caswita., & Asnawati. R. (2018). Efektivitas Strategi Metakognitif Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(6).

Damayanti,D. P. & Khabibah, S. (2018). Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Soal Higher Order Thinking Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7( 3), 557-562.

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. ERUDIO, 2( 2), 14-15

Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi Belajar Mengajar, Ed. I, Cet. I. Yogyakarta: Deepublish

Karim & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Kementrian pendidikan dan kebudayaan. (2018). PISA Worldwide Rangking Average Score of Math,Science-Reading-Average-Score-of Math-Science-Reading.

Kusnadi, D. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Makasar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Matematika, 2(1).

Marwan, dkk. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2).

Maulana. (2014). Dasar-Dasar Konsep Peluang. Bandung: UPI Press

Namira, Z. B., dkk. (2014). Keefektifan Starategi Metakognitif Berbantu Advance Organizer untuk Meningkatakan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1),1272-1273

Noordyana, M. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal mosharafah, 5(2).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Prihartini, E., dkk. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Purwati, R., dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Jurnal Kadikma, 7(1).

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.