PELAKSANAAN PENDIDIKAN PROFESI GURU PADA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ALMUSLIM

Rahmi Hayati, Wiwin Apriani, Zuraini Zuraini, Isralidin Isralidin

Abstract


Dalam menghadapi perkembangan zaman, setidaknya ada empat kompetensi yang harus dimiliki guru di era pendidikan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendidikan profesi guru pada jurusan pendidikan matematika Universitas Almuslim (Umuslim). Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipilih dengan pertimbangan ingin memperoleh ukuran penilaian peserta program studi pendidikan matematika Umuslim terhadap pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru di Umuslim. Pelaksanaan penelitian diawali dengan penyebaran kuisioner kemudian dilakukan wawancara. Kuesioner terdiri dari kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Aspek penelitian meliputi: 1) penyampaian materi kuliah secara lengkap dan mendalam; 2) kuliah memberikan materi yang tidak hanya konseptual tetapi lebih kontekstual; 3) perkuliahan membahas penerapan pembelajaran inovatif; dan 4) ceramah membahas peningkatan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan potensi siswa. Wawancara dilakukan kepada lima orang subjek yangg telah dipilih. Berdasarkan hasil angket dan wawancara, Program Pendidikan Profesi Guru sangat memberikan manfaat bagi siswa

Keywords


Pendidikan Profesi Guru

Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Ke- budayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2003). Undang Undang RI nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum KTSP dan Sukses dalam Serifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lutfi, O. Z. (2017). Analisis Keterlaksanaan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penerapan Pembelajaran Drama Kelas VIII SMP Muhammadiyah Batu.

Mulyasa. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ristekdikti. (2018). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru. Jakarta: Ristekdikti.

Rosita, R. (2015). PPG: Strategi Pembangunan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia

Setiyawan, D. (2017). Analisis Pengembangan Profesi Guru Tematik untuk Memenuhi Tuntutan Profesionalisme Kinerja Guru di SMP 1 Wlingi Kab. Blitar

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, E., & Jailani, J. (2014). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Pengembangan Profesi di Kabupatena Wonosobo. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2676

Widarsih, R., & Faraz, N. J. (2016). Evaluasi Kinerja Guru IPS SMP Berdasarkan Standar Kompetensi Guru di Kabupaten Kebumen. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7646

Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. LINGUA, Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2).




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.