PENGARUH KEKERASAN VERBAL DALAM KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL ANAK USIA DINI
Abstract
Keluarga memiliki peran utama mendidik anak usia dini. Sebagai orang tua pemilihan pola asuh dapat dipertimbangkan sejauh mungkin, karena kesehatan mental anak dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Mental yang baik perpengaruh pada aspek perkembangan psikologi anak. Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari menjadi hal penting dalam mengembangkan aspek perkembangan anak. Orang tua hendaknya memperhatikan komunikasi verbalnya kepada anak, karena bahasa sehari-hari yang digunakan dapat membentuk karakter anak usia dini. Bahasa verbal diperoleh melalui interaksi secara lisan atau tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekerasan verbal dalam keluarga terhadap perkembangan mental anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif yang pengambilan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah anak usia enam tahun yang berada di Jalan Hayam Wuruk RT 005 RW 003, Desa Jalen, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Hasil Penelitian diperoleh bahwa anak mengalami kekerasan verbal dari orang sekitar terutama seorang ibu dalam aktivitas sehari-harinya. Hal ini berdampak pada anak terbiasa berkata yang tidak baik, emosi yang tidak stabil atau temperamen dan tidak peka terhadap lingkungan sekitar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 111.
Ardiyanto, A. (2017). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jendela Olahraga, 2(2), 3539. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1700
Azizah, S. M. (2014). Urgensi Pengembangan Bahasa Verbal & Non Verbal Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 9(2), 223246. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alabadiyah/article/view/2217/1655
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189.
Ketut, S, O. I. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Membentuk Karakter Anak, Volume 1 n, 4148.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 1528. ejournal.iaiig.ac.id
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Lina. (2017). Pelaksanaan Model Pembeajaran Klasikal Di Tk Kecematan Danau Kerinci. 180. https://repository.unja.ac.id/2273/
Makhmudah, S. (2018). Penguatan Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.269-286
Ningrum, M. A. (2017). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p39-43
Pratama, L. R., & Priyantoro, D. E. (2017). Urgensi Pengembangan Bahasa Verbal dan Non Verbal Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 2, 245256. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/74/76
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241
Sit, M. (n.d.). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Suminar, D. R., & Hamidah, H. (2021). Membangun kesehatan mental anak usia dini dengan pengasuhan positif. Indonesia Berdaya, 2(1), 1320. https://www.ukinstitute.org/journals/ib/article/view/75
Yuliani, W. (2019). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 3(1), 919. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i2,%20Oktober.1231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.