USING CONTEXTUAL METHOD IN SHOWING STUDENTS UNDERSTANDING PERCEPTION

Cut Mawar Helmanda, Rahmatun - Nisa

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kontekstual dalam menunjukkan persepsi pemahaman di kelas reading comprehension. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara dosen menerapkan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran reading comprehension, sehingga mahasiswa mampu memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan teks bacaan setelah mempelajari Reading comprehension dengan menggunakan CTL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Wawancara dan observasi digunakan sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen menggunakan Contextual Teaching Learning dalam proses pengajaran reading. Dosen menerapkan CTL berdasarkan prosedur yang melibatkan mahasiswa aktif belajar. Penulis merangsang dan mendorong pelajaran sebelumnya dan menyajikan bahan bacaan di mana siswa perlu menganalisisnya sendiri. Ia memimpin siswa untuk menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan materi setelah sesi diskusi dan presentasi selesai. Akhirnya, dia memberikan umpan balik terhadap pemahaman mereka dan menyimpulkan pelajaran. Mahasiswa tahun kedua Jurusan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Aceh mampu menunjukkan pemahamannya dengan melakukan apa yang diminta dosen.


Keywords


Pembelajaran Contextual Teaching, Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Bindu, M. P. (2017). Contextual Teaching and Learning: The Effective Strategy for Contextualization of Teaching and Learning. India: New Century Publication.

Borich, G. D. (2017). Effetive Teaching Methods: Research-Based Practice, 9th Edition. USA: Pearson Education, Inc.

Doff, A. (1988). Teach English (A Training for Teacher). London: Cambridge University Press.

Grabe, R. (2005). Foreign Language as the Skill. New York: A Division Publishing.

Hornby, A. S. (2000). Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English. Oxford: Oxford University Press.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why Its Here to Stay. Thousand Oaks: Corwin Press, Inc.

Khaefiatunnisa. (2015). The Effectiveness of Contextual Teaching and Learning in Improving Students Reading Skill in Procedural Text (A Quasi-Experimental Study of the Second Grade Students at One Vocational School in Bandung). Journal of English and Education, 3(1), 80-95.

Larsen, D, et.al. (2011). Techniques and Principles in Language Teaching. UK: Oxford University Press.

Nuttal, C. (2002). Teaching English Skill for A Foreign Language. London: Heinemen.

Robert, G. B & Patricia M. E. (it was retrieved on November 1 2015) Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. www.nccte.com.

Sears, S. (2002). Contextual Teaching and Learning: A Primer for Effective Instruction. Bloomington: Phi Delta Kappa Educational Foundation.

Sianipar, F. (2018). The Effect of Using Contextual Teaching and Learning to Eight Graders Reading Comprehension at SMP 3 PSKD Jakarta. Journal of English Teaching, 4 (1), 54-61

Sousa, D. A. (2005). How the Brain Learns to Read. California: Corwin press

Suryawati, E. & Kamisah, O. (2018). Contextual Learning: Innovative Approach towards the Development of Students Sientific Attitude and Natural Science Performance. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14 (1), 61-78




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.