EVALUASI PROGRAM IMPLEMENTASI KTSP PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan KTSP pada mata pelajaran penjasorkes di SMPN di kota Banda Aceh, 2) mengetahui guru penjasorkes membuat persiapan untuk proses pembelajaran penjasorkes sesuai dengan sarana dan prasarana, 3) mengetahui guru penjasorkes melaksanakan proses pembelajaran penjasorkes sesuai standar proses, 4) mengetahui hasil pembelajaran penjasorkes yang dicapai oleh siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru penjas. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru penjas. Pengambilan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah evaluatif deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tahap (context), aspek sumber daya manusia: 1)pemahaman guru tentang KTSP, dari 19 sekolah 74% guru memahami KTSP dengan baik dan 26% masih kurang. 2) penerapan KTSP, dari 19 sekolah 74% telah di terapkan dengan baik dan 26% masih kurang. Aspek dukungan pemerintah dan masyarakat: 1)dukungan pemerintah, dari 19 sekolah 63% sudah baik dan 37% masih kurang. 2) dukungan masyarakat dari 19 sekolah 5% sudah baik dan 95% masih kurang. Tahap input, aspek sarana dan prasarana: 1) ketersediaan sarana dan prasarana, dari 19 sekolah, 47% sarana dan prasarana sudah baik dan 53% masih kurang. 2) tingkat kelayakan sarana dan prasarana, dari 19 sekolah 47% sudah baik dan 53% masih kurang. Aspek pengembangan bahan ajar: 1)membuat perangkat kurikulum, dari 19 sekolah 53% sudah baik dan 47% masih kurang. 2) membuat model pembelajaran, dari 19 sekolah 74% sudah baik dan 26% masih kurang. Tahap proses, aspek pelaksanaan KTSP: 1)pelaksanaan KTSP, dari 19 sekolah 84% sudah baik dan 16% masih kurang. 2)kendala dalam penerapan KTSP, dari 19 sekolah 47% tidak ada kendala dan 53% masih ada kendala. Tahap Product, aspek hasil belajar: 1)keberhasilan penerapan KTSP, dari 19 sekolah 95% sudah baik dan 5% masih kurang. 2)hasil penerapan KTSP dari 19 sekolah 58% sudah baik dan 42% masih kurang.
Kata kunci: Evaluasi implementasi KTSP, pendidikan jasmani,
olahraga dan kesehatan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi dan Abdul Jabar, Cepi Safruddin. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Aqib, Zainal. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya
Departemen Pedidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi. Jakarta.
Djaali et.al, 2000. Pengukuran Dalam Bidang Pedidikan. Jakarta: PPs UNJ.
Daryanto, 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik dalam Mulyasa (2005). Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hasan, Hamid. 2008. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja
Rodaskarya.
Joanne L Sobeck ect. 2005. Lessons Learned From Implementing School-Based Substance Abuse Prevention Curriculums. Departement Of Psychiatry, Wayne State University.
Kunandar, (2007). Guru Professional. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Cetakan Kedelapan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
________. 2010. Implementasi KTSP Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah Cetakan Keempat. Jakarta: PT Bumi Aksara
Marlis, Alen dkk. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Penjasorkes. 2warna design & offset
Lutan, Rusli et. al. 2004. Supervisi Pendidikan Jasmani Konsep dan Praktik. Depdiknas dan Ditjen Olahraga
Ruslan, 2009. Evaluasi Program Pembinaan Olahraga Sepak Takraw Di PPLP Gorontalo. Program Studi Olahraga PPs UNNES
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rodaskarya
Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.