PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR DESA LAMGUGOB KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

Khairuddin -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran dalam hal perencanaan kegiatan harian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah kepala PAUD, kepala TKIT dan guru TKIT Al-Azhar Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kegiatan harian TKIT Al-Azhar Banda Aceh dibuat oleh guru kelas disetujui oleh kepala TKIT berdasarkan Rencana Kegiatan Mingguan yang telah dirumuskan oleh tim kurikulum, Rencana Kegiatan Harian disusun berdasarkan tahap perkembangan anak, memenuhi kebutuhan dan minat anak, menyeluruh, mengoptimalkan potensi lingkungan tetapi tidak keluar dari jalur yang telah ditetapkan pemerintah. (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran sudah dimulai dari kegiatan jurnal pagi, kegiatan awal dengan klasikal, guru menerangkan subtema yang akan dipelajari, kegiatan Iqra dan Raudhah. Kegiatan inti menggunakan sentra sebagai pusat kegiatan belajar siswa dan menutup pembelajaran dengan menyimpulkan hasil kegiatan belajar. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan secara berkala. Evaluasi sebelum kegiatan, guru mengamati keadaan peserta didik. Pada saat proses kegiatan, guru mengamati kegiatan bermain sambil belajar peserta didik melalui unjuk kerja, pengamatan, dan percakapan. Pada saat akhir kegiatan guru mengevaluasi melalui penugasan, hasil karya dan tanya jawab. (4) Faktor pendukung meliputi siswa, guru, dan kurikulum pembelajaran sedangakan faktor penghambat meliputi media/alat peraga, sarana dan prasarana, sikap guru terhadap siswa, dan keuangan. 

 

Kata kunci: pengelolaan pembelajaran


References


Bafadal, Ibrahim (2005). Dasar-Dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Bumi Aksara

JSIT Indonesia (2010). Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu Jaringan Islam Terpadu. Jakarta: JSIT Indonesia Empowering Islamic School

Mulyasa (2010). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Rosdakarya

Nasution, (2009). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak UsiaDinihttp://ebekunt. wordpress. com/2010/06/30/konsep-konsep-dasar-pendidikan-anak-usia-dini-3/

Presiden Republik Indonesia (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: CV. Eko Jaya.

Sanjaya, Wina (2007). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana.

Semiawan, Conny R (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks

Sujiono, Yuliani Nurani (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks

(2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks

Tedjasaputra, S Mayke (2007). Bermain, Mainan, dan Permainan (untuk Pendidikan Usia Dini). Jakarta: PT. Grasindo.

Trianto (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik (Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI). Jakarta: Kencana.

Usman, Husaini (2009). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.